Mohon tunggu...
Josua Verdo Hose Marpaung
Josua Verdo Hose Marpaung Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - UPN Veteran Yogyakarta

Be me

Selanjutnya

Tutup

Politik

Sumber Kekuasaan dari Politik

10 Agustus 2022   07:31 Diperbarui: 10 Agustus 2022   07:35 62 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kekuasaan bisa dimaknai sebagai suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu atau kelompok untuk mempengaruhi orang lain. Kekuasaan juga bisa dikatakan menjadi suatu penentu atau yang menentukan yang berhak mengatu. Sektor dalam kekuasaan juga sangat luas. Seperti adanya sektor politik, ekonomi, dan lain-lain.

Tapi dari semuanya, dari skala yang terkecil kita sudah mengalami menjadi pemegang kuasa. Misalnya dalam sebuah kekeluargaan , pemilik kuasa juga tentunya merupakan seorang kepala keluarga dimana sebagai kepala keluarga juga memiliki tugas atau tanggung jawab untuk memimpin anggota keluarganya. 

Dan juga, kekuasaan juga bukan hanya dimiliki hanya seorang laki-laki saja, melnkan perempuan juga bisa memiliki kekuasaan yang sama dengan halnya laki-laki miliki. Dalam konteks yang sama, bisa diperjelas juga bahwa seorang Ibu juga bisa memiliki kekuasaan sama seperti Ayah yang memiliki kekuasaan pada keluarga.

Tetapi pada sector ini, disini membahas mengenai suatu kekuasaan dalam sektor politik yang tentunya juga dalam suatu kekuasaan tidak hadir dengan dirinya sendiri, melainkan juga mendapatkannya dari sumber-sumber yang menjadikan seseorang atau sekelompok yang memiliki kekuasaan.

Di Indonesia, orang yang memiliki pendapatan yang cukup tinggi atau yang memiliki kekayaan, biasanya memiliki kekuasaan. Tentu dengan pendapatan yang dimilikinya, apapun yang dia lakukan atau yang ingin dia perintahkan pasti segera terpenuhi. 

Untuk sumber kekuasaan, yang juga berasal dari kedudukan bisa juga kita lihat dalam kehidupan sehari-hari atau yang sedang dialami. Dalam dunia politik, orang yang memiliki kekuasaan yang tinggi juga dapat berkat besar atas kedudukan yang dimiliki oleh dirinya sendiri. 

Pemimpin Poltik memiliki suatu kekuatan, untuk mendapatkan suatu pengakuan dari masyarakat untuk mempertahankan dan menetapkan kekuasaanya sendiri. Misalnya, Direkutur pada sebuah perusahaan memiliki wewenang dalam mengatur aturan atau kebijakan dalam perusahaan yang dia berdirikan. 

Dari pengertian diatasm bisa dikatakan bahwa pemilik, atau juga biasa disebut sebagai pemegang kekuasaan dari mana pun sumber atau pengakuan yang didapatkan pasti akan memiliki tanggung jawab yang luar biasa untuk memberikan pengaruh tersebut terhadap seorang dan juga pada lingkungan sekitarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan