Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Menakar Peluang Indonesia di All England 2021, Dua Sektor Ganda Favorit Juara

17 Maret 2021   13:16 Diperbarui: 17 Maret 2021   13:21 235 16 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menakar Peluang Indonesia di All England 2021, Dua Sektor Ganda Favorit Juara
Ilustrasi Gambar Kompas.com

Turnamen All England 2021 digelar mulai hari ini, rabu (17/3/2021). Kejuaran tertua di dunia dan sering disebut paling bergengsi ini dilaksanakan di Ulitita Arena Birmingham, Inggris, hingga hari minggu (21/3/2021) mendatang.

Sejumlah negara turut ambil bagian untuk memperebutkan gelar juara dari 5 sektor yang dipertandingkan yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Namun beberapa negara kuat badminton seperti Tiongkok, Korea Selatan dan Taiwan tidak turut bertanding karena situasi pandemi covid-19 yang masih terjadi.

Dalam ajang BWF Super 1000 All England 2021 kali ini, Indonesia mengirimkan sebanyak tujuh wakil pada 4 sektor yang diperlombakan kecuali sektor tunggal putri. Ketujuh wakil Merah Putih itu adalah sebagai berikut.

  1. Anthony Sinisuka Ginting
  2. Jonatan Christie
  3. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
  4. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
  5. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
  6. Greysia Polii/Apriyani Rahayu
  7. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Sebenarnya, jika melihat hasil drawing yang dipublikasi BWF, masih ada 2 wakil Indonesia lainnya yang akan ambil bagian yaitu Gregoria Mariska Tunjung  di sektor tunggal putri dan pemain senior Tommy Sugiarto di sektor tunggal putra. Namun, informasi terakhir kedua dipastikan mundur karena alasan tertentu.

Jika menilik ketujuh wakil Indonesia ini, sektor manakah yang paling berpeluang untuk meraih gelar juara? Pemain dari negara mana yang kira-kira berpeluang mengubur mimpi wakil tanah air untuk berjaya di All England 2021? Berikut analisanya.

Sektor Tunggal Putra

Pada sektor tunggal putra, Indonesia mengirimkan  tunggal putra peringkat 5 dunia Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie yang menduduki peringkat 7 dunia. Jika melihat hasil drawing yang dirilis, keduanya berada di pool yang berbeda, Ginting di pool atas sedangkan Jonatan berada di pool bawah. Sehingga, jika keduanya bisa tampil optimal, bukan tidak mungkin mereka akan saling berhadapan di partai final.

Jika melihat hasil drawing ini, kemungkinan besar Ginting akan menghadapi Kento Momota jika keduanya sama-sama mulus melaju hingga babak semifinal. Dengan catatan Ginting lolos dari babak pertama dan babak kedua, dan mampu lolos dari babak besar yang kemungkinan besar akan dihadang oleh Srikanth Kidambi dari India yang turun sebagai unggulan kedelapan.

Sementara, perjuangan Jonatan akan terasa jauh lebih berat karena trio tunggal putra asal Denmark yaitu Viktor Axelsen, Anders Antonsen dan Rasmus Gemke siap menghadang. Apalagi jika mengingat konsistensi Viktor Axelsen akhir-akhir ini, tampaknya Jonatan harus benar-benar tampil sempurna agar bisa lolos dari babak 8 besar. Itupun dengan catatan, Jonatan bisa melewati pemain muda berbakat asal Thailand, Kunlavut Vitidsarn yang akan menjadi lawannya di babak pertama.

Jika bicara peluang, tentu saja sektor tunggal putra masih berpeluang untuk meraih gelar. Semoga Ginting dan Jonatan bisa bermain lepas dan menikmati setiap laga yang dilalui sehingga meraih hasil optimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN