Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Guru - Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

7 Kompetensi yang Digali dalam Uji Komprehensif PPG Daljab

9 Oktober 2020   00:58 Diperbarui: 25 Mei 2021   10:10 24920 24 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
PPG Daljab Secara Daring di FKIP Matematika Universitas Riau (Dokpri)

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan adalah program pendidikan yang dilaksanakan untuk mempersiapkan guru-guru yang telah melaksanakan tugas mengajar agar memperoleh sertifikat pendidik atau yang lebih dikenal dengan sertifikasi pendidik.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, PPG Daljab Tahun 2020 dilaksanakan sepenuhnya secara daring mengingat pembatasan sosial akibat pandemi covid-19 tidak memungkinkan kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka di 61 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di seluruh Indonesia.

PPG Daljab Tahun 2020 diselenggarakan dalam 3 tahap dimana tahap I telah dimulai pada Agustus 2020 lalu. Saat ini, peserta PPG Daljab tahap I akan menyelesaikan modul terakhir Review Pengembangan Perangkat Pembelajaran.

Pada dua modul terakhir yaitu modul pengembangan perangkat pembelajaran dan modul review perangkat pembelajaran, mahasiswa akan difasilitasi oleh 3 orang dosen dari LPTK FKIP Matematika Universitas Riau dan 3 orang Guru Pamong.

Baca jugaPendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan 2021, Bagaimana Mekanismenya?

Pada tahap I, saya bersama 2 guru lainnya dari kota Pekanbaru dilibatkan sebagai Guru Pamong yang ikut mendampingi dosen fasilitator mata pelajaran matematika pada tahap pengembangan perangkat pembelajaran dan review perangkat pembelajaran.

Dengan berakhirnya pembelajaran modul review perangkat pembelajaran, mahasiswa peserta PPG akan mengikuti tahapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL akan dilaksanakan dua kali dengan jeda sebelum pelaksanaan PPL kedua dilaksanakan kegiatan review PPL Pertama.

Sebagai syarat mengikuti PPL, mahasiswa PPG Daljab harus mengikuti Ujian yang dikenal dengan Uji Komprehensif.

Uji Komprehensif merupakan penilaian yang dilakukan secara menyeluruh tentang teori pedagogik dan pengetahuan bidang studi termasuk materi esensial, advance materials dan kebermaknaan (apa, mengapa, bagaimana) yang bersumber dari perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari lokakarya.

Pada PPG Daljab tahun 2020 ini, materi pembelajaran juga dipeluas pada aspek penerapan Technological, Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Uji Komprehensif dilakukan untuk mengukur kesiapan dan kecukupan kompetensi mahasiswa PPG sebelum mengikuti PPL. Kelulusan uji komprehensif digunakan sebagai syarat mengikuti PPL.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan