Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Semua Serba Online, Waspada 3 Ancaman Cyber Crime Ini

3 Oktober 2020   21:45 Diperbarui: 3 Oktober 2020   21:49 399 45 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Semua Serba Online, Waspada 3 Ancaman Cyber Crime Ini
internationalairportreview.com

Seiring dengan perkembangan era revolusi industri 4.0, kini internet telah menguasai hampir seluruh bidang kehidupan. Terlebih saat pandemi covid-19 sekarang, internet seolah menjadi satu-satunya jawaban untuk semua persoalan karena pembatasan sosial.

Tak terbayangkan apa yang terjadi jika pandemi covid-19 terjadi tanpa kemajuan era digital saat ini. Proses belajar mengajar akan terhenti sepenuhnya, dunia bisnis ambruk dan kelumpuhan terjadi di berbagai bidang kehidupan.

Bisa dipastikan, marketplace tanpa integrasi dengan internet saat ini, pelan-pelan akan makin ditinggalkan. Tetap bertahan dengan metode konvensional hanya soal waktu, perlahan akan menuju kematian.

Internet memang telah menawarkan berbagai kemudahan baik itu untuk bidang ilmu pengetahuan maupun bisnis. Dengan semua kemudahan yang ditawarkan, secara tidak langsung menyebabkan pengguna internet juga ikut meningkat dari hari ke hari.

Saat ini, kebergantungan akan internet tidak hanya terjadi pada pelaku bisnis, orang-orang dari berbagai usia, mulai dari balita hingga lansia, sangat akrab dengannya.

Terlebih saat pandemi covid-19 dan mengharuskan banyak orang Work From Home, bisa dibilang kita berinteraksi dengan intensitas tinggi menggunakan internet. Apalagi di era smartphone saat ini, rasanya seluruh kehidupan kita terkoneksi dengan internet.

Terkadang tak sengaja, kita mengakses link-link yang tidak aman baik melalui kiriman-kiriman di WAG maupun saat mencari informasi. Kerugian yang kita alami pun bisa beragam, mulai dengan kerusakan perangkat komunikasi yang kita gunakan hingga pencurian data.

Demikianlah, meskipun internet telah menawarkan berbagai kemudahan dan daya tarik yang memesona dalam kehidupan, namun berpeluang memunculkan berbagai jenis kejahatan melaluinya. Bertambahnya pengguna internet turut mendorong berbagai tindak kejahatan dengan penggunaan internet.

Kejahatan di internet ini populer dengan nama cyber crime atau cyber security. Paling tidak ada 3 ancaman keamanan yang mengancam di dunia maya saat ini. Jika tidak mampu menghadangnya dengan baik, bukan tidak mungkin kita akan menjadi salah satu korbannya.

#1 Virus

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN