Mohon tunggu...
Jose Hasibuan
Jose Hasibuan Mohon Tunggu... Seorang abdi bangsa

Tertarik pada dunia pendidikan, matematika finansial, life style, kehidupan sosial dan budaya. Sesekali menyoroti soal pemerintahan. Penikmat kuliner dan jalan-jalan. Senang nonton badminton dan bola voli.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Penjual Pot Pinggir Jalan, Meraup Rezeki dari Tren "Menanam Bunga"

14 Agustus 2020   22:29 Diperbarui: 15 Agustus 2020   09:23 399 54 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penjual Pot Pinggir Jalan, Meraup Rezeki dari Tren "Menanam Bunga"
Penjual Pot | Dokpri

Belakangan ini, lini masa Medsos banyak dibanjiri dengan postingan foto berbagai macam bunga hias dan pernak-perniknya. Bak kontes virtual 'menanam bunga', masing-masing warga dumay berlomba-lomba unjuk keindahan bunga-bunga hasil tanamannya dalam bingkai potret kamera.

Sepertinya, banyak orang kini punya hobi baru 'menanam bunga', kemungkinan karena banyak di rumah saja dalam masa pandemi ini. Beberapa waktu lalu pun, kompasiana memang sempat mengangkat topik pilihan 'hobi baru' karena pemberlakuan work from home.

Bunga yang dipamerkan dalam beranda facebook dan instagram ini pun cukup beragam. Mulai dari yang harganya fantastis karena dihitung per lembar daun, hingga bunga-bunga kampung yang dulu banyak dibiarkan menyemak.

Aglaonema | dokpri
Aglaonema | dokpri
Salah satu bunga yang cukup banyak berseliweran adalah jenis aglaonema. Bunga jenis ini memang tidak hanya sedang tren saat ini saja, sudah lama bunga ini menjadi pilihan banyak orang untuk menghiasi teras-teras rumah.

Aglaonema dulunya lebih banyak di kenal dengan nama Sri Rezeki. Tanaman hias ini termasuk dalam keluarga talas-talasan. Salah satu karakteristik tanaman ini adalah berdaun lebar dan dapat tumbuh baik pada tempat dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.

Namun bukan pecinta bunga namanya, jika tidak cari akal bagaimana agar di kota-kota besar yang panasnya luar biasa sekalipun, tanaman jenis ini tetap dapat tumbuh subur dan menghiasi teras rumah.

Bagi pencinta fanatik aglaonema, halaman rumah siap disulap agar menjadi habitat yang nyaman bagi tanaman ini. Mulai dari mengurangi intensitas panas matahari yang masuk dengan memasang paranet hitam hingga membuat green house skala rumahan.

Aglaonema memang memiliki pesona sendiri bagi pecintanya. Tanaman ini bukanlah jenis tanaman yang mempesona karena keindahan bunganya, melainkan dari warna-warni dan motif yang menarik dari daunnya.

Dulu, tanaman Sri Rezeki memang hanya identik dengan daun-daunan hijau yang menyegarkan. Namun kini, tanaman hias ini telah banyak dilakukan penyilangan hingga jenisnya pun telah melebihi 30 macam.

Di Pekanbaru, beberapa jenis aglaonema yang sedang populer saat ini di antaranya adalah jenis Pride of Sumatera, Moonlight, Legacy, Widuri, Siam Aurora, Kochin dan Tiara. Jenis-jenis ini memang terlihat tampil sangat eksotis dan memanjakan mata.

Saking populernya, penjual bunga membandrol harganya dengan harga yang bisa bikin kita terkaget-kaget. Jenis Kochin misalnya, di pasaran harganya bisa mencapai satu jutaan, tergantung banyak lembar daun ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x