Mohon tunggu...
Tejo Mulyono
Tejo Mulyono Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengaruh Penggunaan Handphone di Kehidupan Sehari-hari

30 Juli 2021   13:19 Diperbarui: 30 Juli 2021   13:39 72 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Penggunaan Handphone di Kehidupan Sehari-hari
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Teknologi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, semakin lama teknologi akan berkembang terus dan semakin mudah untuk dijangkau oleh masyarakat luas guna membantu mempermudah kegiatan manusia. Sejak pertama kali teknologi ditemukan hingga saat ini terus berkembang pesat. Banyak orang menjadi ketergantungan terhadap teknologi, sampai teknologi bisa menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Teknologi mampu membantu mempermudah kegiatan manusia dalam berbagai hal. Salah satu teknologi yang paling dekat dengan manusia adalah handphone atau ponsel.

Handphone atau ponsel merupakan bentuk dari perkembangan teknologi yang paling banyak digunakan dan dapat memberi kemudahan penggunanya. Komunikasi dapat dilakukan dengan baik tanpa adanya tatap muka langsung. Apalagi dengan perkembangan internet saat ini semua bisa dijangkau tanpa ada batasan jarak. Semua orang dapat terhubung satu sama lain menggunakan internet dengan berbagai platform media sosial. Selain untuk berkomunikasi handphone juga memiliki kegunaan yang dapat digunakan untuk bekerja, belajar, dan mencari informasi atau berita. Keberadaan handphone menjadi kebutuhan dasar tersendiri bagi setiap masyarakat. Terdapat berbagai fitur aplikasi yang berguna untuk menyimpan data penting pekerjaan. Bagi Sebagian orang handphone dapat dianggap sebagai asisten pribadi yang siap menerima tugas kapanpun dibutuhkannya.

Beberapa manfaat dari handphone atau ponsel :

  • Media untuk belajar
  • Pada saat kondisi pandemic seperti ini banyak kegiatan yang tidak dapat dilakukan secara online. sekolah merupakan tempat melakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka secara langsung tetapi karena adanya pandemi covid-19 semua kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online dari rumah massing masing siswa. Tentunya masing-masing siswa harus mempunyai handphone untuk melakukan pembelajaran online. itu juga menjadi salah satu manfaat dari handphone menjadi media belajar untuk pelajar dan mahasiswa.
  • Media komunikasi
  • Manusia sebagai makhluk social artinya manusia tidak dapat hidup sendiri, tidak bisa lepas dari interaksi dengan sesama manusia lain. Dengan berkomunikasi kita juga dapat mempererat tali persaudaraan, menjadi harmonis, dan rukun dengan orang lain. Tetapi keadaan pandemic saat ini tidak memungkinkan untuk berkomunikasi dengan sanak keluarga yang jauh secara langsung, dengan ponsel kita bisa berkomunikasi tanpa harus bertemu langsung dan tidak melanggar peraturan pemerintah. Banyak sekali aplikasi untuk berkomunikasi bahkan dapat melihat wajah lawan bicaranya.
  • Sumber informasi berita
  • Handphone dapat mengakses informasi atau berita terkini dengan menghubungkannya ke internet. Banyak sekali berita yang terssebar bebas di internet baik itu berita benar dan hoax. Internet menyediakan sumber informasi yang lebih efektif daripada harus menonton televisi atau membaca berita dari koran, mendengarkan radio. Semua tersedia pada ponsel masing masing orang kita tinggal membuka browser atau mesin pencari lalu ketik informasi apa yang mau dicari, akan muncul banyak sekali informasi terkait dengan kata kuncinya.

Walaupun handphone memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari, tetapi jika handphone digunakan terlalu lama akan berdampak buruk bagi Kesehatan penggunanya. Berikut dampak penggunaan handphone terlalu lama :

  • Ganguan penglihatan
  • Terlalu lama memandang layar handphone dapat menyebabkan gangguan pada mata. Kebiasaan bermain handphone dengan pancaran cahaya yang terlalu terang dan di kondisi ruang minim cahaya di handphone membuat mata kita bekerja lebih berat. Kebiasaan tersebut bisa membuat mata Lelah dan penglihatan menjadi kabur.
  • Gangguan tidur
  • Gangguan tidur terjadi pada orang-orang yang sudah kecanduan gadget. Selama ada handphone di sekitar kita, sering kali kita ingin memeriksa atau menanggapi chat dan membaca atau memposting sesuatu, hingga waktu tidur pun terlupakan. Selain itu, sinar biru yang dipancarkan layar handphone dapat menahan produksi melatonin, yaitu hormon yang mengontrol siklus tidur seseorang, sehingga memulai tidur jadi terasa lebih susah.
  • Membuat rasa malas
  • Orang kalau sudah berada didepan layar handphone akan lupa pada sekitarnya. Handphone terdapat fitur game yang membuat orang ketagihan bermain hingga berjam-jam lamanya. Jika sudah bermain mereka merasa asik hingga lupa waktu dan menunda nunda pekerjaannya.

Batasi penggunaan handphone agar tidak merusak kesehatan, gunakan seperlunya dan sesuai dengan kebutuhan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN