Mohon tunggu...
Jonathan Joseph
Jonathan Joseph Mohon Tunggu... Jonathan Joseph

乔瑟

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

5 Tips dalam Pemilihan Furnitur yang Baik dan Bisa Menyesuaikan dengan Ruangan

6 Mei 2021   05:27 Diperbarui: 6 Mei 2021   05:34 29 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips dalam Pemilihan Furnitur yang Baik dan Bisa Menyesuaikan dengan Ruangan
Sumber : Dokumentasi Pribadi Jonathan Joseph, Surabaya

Ruangan pada awalnya merupakan tempat kosong dan hanya memiliki sisi dan sudut yang tidak terdapat isian. Ruangan sebaiknya diberi desain dan furnitur yang menyesuaikan agar pengguna didalam ruangan tersebut merasa nyaman dan betah diruangan tersebut. Untuk itu, setiap ruangan perlu diberi desain interior furnitur yang mendukung agar ruangan tersebut tidak terlihat kosong dan membosankan.

Memilih furnitur yang sesuai dengan ruangan tidak mudah. Memilih furnitur sebaiknya mengutamakan fungsi dan kenyamanan, karena mengingat rumah digunakan sebagai tempat untuk beristirahat. Jika memilih furnitur tetapi tidak memperhatikan ergonomis atau fungsinya, maka furnitur tersebut tidak akan bertahan lama dan pengguna akan merasa cepat bosan. Berikut tips - tips pemilihan furnitur yang baik tetapi tetap memperhatikan kondisi ruangan, yaitu : 

1. Memperhatikan Skala Ruangan

Sebelum memilih furnitur, ada baiknya mengetahui kondisi dari ruangan tersebut, mulai dari ukuran dan luas ruangan tersebut. Misalkan ukuran pada ruangan tersebut adalah 4x4, maka kita sebaiknya memilih furnitur seperti lemari atau sofa dengan ukuran yang tidak lebih dari separuh ukuran ruangan tersebut, karena nantinya sisa ruangan yang ada akan dimasukan furnitur lainnya seperti meja atau kursi.

2. Sesuaikan dengan Konsep Ruangan

Setelah memperhatikan skala ruangan, langkah berikutnya adalah menentukan tema untuk ruangan tersebut. Pentingnya tema dalam ruang interior ini adalah agar furnitur yang ingin diaplikasikan bisa menyesuaikan dengan tema ruangan yang dipilih. 

Sumber : Dokumentasi Pribadi Jonathan Joseph, Surabaya
Sumber : Dokumentasi Pribadi Jonathan Joseph, Surabaya

3. Budget

Dalam pemilihan furnitur, alangkah baiknya jika kita memperhatikan budget agar bisa lebih menghemat dalam pengeluaran. Pengeluaran sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, contohnya seperti membeli kerangka tempat tidur dengan budget yang lebih mahal sedikit karena digunakan untuk beristirahat, jangan melakukan hal sebaliknya.

4. Material Furnitur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x