Mohon tunggu...
Jonathan Jeremia Yauris
Jonathan Jeremia Yauris Mohon Tunggu... Mahasiswa - E11180162

Enthusiasm...

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Tren Interior Japandi yang bikin Ruangan Jadi Luas

1 Desember 2021   18:49 Diperbarui: 2 Desember 2021   20:23 63 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : https://images.unsplash.com/

Japandi merupakan gaya desain yang terus dibicarakan dan diminati dari tahun ke tahun karena desainnya yang memiliki karakter desain yang minimalis. Walaupun dengan gaya yang minimalis, Japandi tetap terlihat estetik dari kesederhanaanya dengan menggunakan elemen alami dan kenyamanan yang merupakan prioritas utama dari gaya desain Japandi.

Apa itu gaya desain Japandi ? Japandi merupakan gaya desain ruangan yang menggabungkan gaya ruangan Jepang yang alami dan Skandinavia yang luas dan terkesan hangat. Dilansir dari the Spruce, Leni Calas dari 5 Ward Design, "Desain Japandi adalah kombinasi fungsionalitas Skandinavia dan minimalis pedesaan Jepang untuk menciptakan perasaan seni, alam, dan kesederhanaan".  Sehingga gaya Japandi menekankan pada fungsionalitas tetapi memiliki gaya desain yang minimalis.

Japandi memiliki dua konsep yaitu gabungan dari Jepang dan Skandinavia. Gagasan dari gaya desain ruangan Jepang adalah Wabi-Sabi yang artinya terdapat keindahan dalam ketidaksempurnaan. Sehingga gaya desain ruangan Jepang sangat cocok dipadukan dengan gaya Skandinavia. Selain Wabi-Sabi, gaya desain ruangan Jepang juga terinspirasi dari Zen yang merupakan ajaran filsafat Buddha yang dikembangkan di wilaya Asia Timur. Zen adalah ajaran seni dimana manusia menjalani hidup dengan mendekatkan diri dengan alam dengan cara meditasi, relaksasi dan harmoni yang jika dihubungkan dengan ruang hunian adalah menggunakan bahan-bahan dari alam dan minim perabot.  

Sumber : http://cdn.home-designing.com/
Sumber : http://cdn.home-designing.com/

Gaya desain Skandinavia ini juga memiliki gagasan yaitu hygge (dibaca : Hoogah) dimana hygge ini tidak memiliki arti Bahasa Inggris yang jelas sehingga diartikan sebagai kenyamanan dalam kesederhanaan. Tidak hanya kenyamanan, gaya desain Skandinavia juga mengutamakan fungsi dan ketahanan dalam berbagai situasi.  Pada dasarnya, gaya desain Skandinavia ini mengutamakan fungsionalitas tanpa perlu menghilangkan keindahan dan keanggunannya. Gaya desain Skandinavia juga menggunakan material yang erat hubungannya dengan alam sehingga cocok untuk digabungkan dengan gaya desain Jepang

Sumber : https://linesmag.com/wp-content/uploads/2020/05/featured1.jpg
Sumber : https://linesmag.com/wp-content/uploads/2020/05/featured1.jpg
Bagaimana cara menerapkan gaya Japandi pada rumah hunian masing-masing ?  Yuk simak tips dan trik berikut !

1. Gunakan warna yang Hangat dan Terang (Pastel)

Warna yang sering digunakan dalam gaya Japandi biasanya adalah warna yang hangat dan pastel yang menghasilkan mood yang tenang, terasa nyaman di rumah, hangat dan harmonis. Contoh dari warna yang hangat adalah warna-warna cokelat menuju warna putih seperti krem. Untuk warna agar ruangan terlihat lebih luas biasanya menggunakan warna putih agar ruangan hunian terasa lebih besar.

Sumber : https://hips.hearstapps.com/
Sumber : https://hips.hearstapps.com/

2. Material yang Alami dan memiliki Finishing yang Kasar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan