Mohon tunggu...
Jon Ali
Jon Ali Mohon Tunggu...

i'm a dreamer i'm a lover i'm a rebel!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sejarah Singkat Takfiri: Dari Dulu Hingga Kini

27 Februari 2015   15:21 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:25 263 0 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sejarah Singkat Takfiri: Dari Dulu Hingga Kini
1425216496573341073

virus takfiri (mudah mengkafirkan selainnya) yang lahir dari kedangkalan ilmu, kejumudan berpikir dan fanatisme membatu itu sudah ada sejak dulu. hingga sekarang. berikut timeline-nya. tidak detail, krn varian-variannya memang banyak. tp scr garis besar cukup menggambarkan:

1). Khawarij, inilah takfiri generasi pertama. yaitu orang-orang yang keluar dari barisan Imam Ali. orang-orang yang sangat tekstualis dalam memahami ayat suci sehingga mudah mensesat-kafirkan yg tidak sepaham dengannya. sampai pada titik puncak kedunguan; membunuh Imam Ali. mereka adalah kelompok yg dikutuk oleh Nabi Muhammad dan Ali. ulama-ulama Islam dari dua madzbah besar Sunni dan Syiah sama sepakat mengutuk kelompok ini.

2). Syiah Takfiri, ini adalah takfiri jenis dan generasi kedua. karena mereka overdosis dalam mencintai Ali, mereka begitu mebenci hingga mengkafirkan sahabat-sahabat dan istri nabi yang bersebrangan dengan Ali. publik mengenalnya dengan istilah nashibi atau rafidhi. yang pada titik ekstrim malah sampai Ghulat, menuhankan Ali (skrng sudah musnah).

itu dulu. zaman sekarang kedua takfiri ini terlahir lagi dgn wajah yg berbeda, tetapi isinya sama:

3). Neo Khawarij. ini adalah penerus dari Khawarij jaman dulu di masa kita. sudah di-nash oleh Nabi dan Imam Ali akan ketakfirian mereka. pola pikir mereka amat skriptualis, kaku, dan jumud. secara umum mereka berpaham Wahhabi ekstrim (Wahhabi ada jg yg moderat dan tidak takfiri). mereka amat getol membid'ahkan, menyesatkan, dan mengkafirkan selainnya. mulai yg versi lembut sampai yg versi brutal ala teroris ISIS. menariknya, kelompok ini terhitung sbg kelompok sempalan ekstrim Sunni. padahal Khawarij awal itu tadinya sempalan pengikut (Syiah) Ali.

4). Syiah Takfiri al-Londoni. ini adalah penerus estafet takfirisme Syiah yg didalangi dan didanai oleh London. dgn tokohnya macam Yasir al-Habib mereka begitu getol menyulut api perselisihan sektarian. terang2an mereka mencela, menghina, dan mengkafirkan sahabat dan istri Nabi. celakanya, banyak Muslim Sunni yg bodoh termakan fitnah; mengira bahwa Yasir Habib cs ini adalah representasi mainstream Syiah. pdhl mainstream Syiah sekarang (Syiah Itsna Ats'ariyah) jelas fatwa pemimpin tertingginya yaitu Ali Khamenei melarang dan haramkan caci-maki dan mengkafirkan sahabat dan istri Nabi. si Yasir Habib ini ditolak oleh ulama2 muktabar Syiah dan bahkan akan ditangkap dan dihukum oleh Iran, tetapi dilindungi oleh Inggris.

5). Takfiri Awam. nah, kalok yg ini sebenernya gak terlalu tahu duduk permasalahan sebenarnya. mereka hanya orang awam yg karena kebodohan dan kenaifannya mudah menelan berita fitnah bulat-bulat. ini adalah jenis orang yg hanya melihat spanduk "Syiah bukan Islam", "Syiah Kafir", etc tiba2 jadi takfiri. mereka hanya orang bodoh saja. yg alam pikirannya disetir sepenuhnya oleh media, brosur, atau spanduk yg ia baca.

semoga yang baca ini, kagak masuk list di atas ye... hehe... ;)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x