Mohon tunggu...
Joko Yuliyanto
Joko Yuliyanto Mohon Tunggu... Jurnalis - pendiri komunitas Seniman NU
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penulis opini di lebih dari 100 media berkurasi. Sapa saya di Instagram: @Joko_Yuliyanto

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pandemi dan Hedonisme

30 Oktober 2021   07:19 Diperbarui: 30 Oktober 2021   07:22 802
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: https://lifepal.co.id/

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih konsisten diperpanjang oleh pemerintah. Meskipun beberapa daerah menunjukan perkembangan positif (menekan laju penyebaran Covid-19), namun di sisi lain, banyak warga yang mulai berputus asa terhadap penanganan pandemi. Di antaranya mulai nekat membuka warung-warung melewati batas aturan jumlah pengunjung dan jam buka-tutup yang ditetapkan pemerintah.

Program cicialan tiap seminggu sekali untuk penyampaian perpanjangan PPKM sudah menghancurkan ekspektasi masyarakat yang sudah bersatu berjuang melawan Covid-19. Merelakan hilangnya pendapatan harian, mengorbankan nilai edukasi dan rekreasi dunia luar, dan hancurnya peluang kesuksesan karena sifat aturan yang mengikat.

Ketika variabel kesehatan dijadikan tajuk utama kepentingan konstitusi, maka negara harus siap konsekuensi ekonomi, pendidikan, budaya, dan lain sebagainya. Dalam segi ekonomi misalnya, negara harus siap menghadapi tantangan jatuhnya investasi dan perubahan ekonomi skala nasional. PPKM berkepanjangan akan menyebabkan trust konsumen untuk mengeluarkan uang atau spending sangat rendah. Daya beli yang lesu akan berimbas pada jumlah kelas menengah rentan yang akan turun menjadi orang miskin baru.

Meskipun PPKM merupakan upaya pemerintah untuk mencapai titik ekuilibrium antara kesehatan dan ekonomi, nyatanya faktor ekonomi semakin sulit diselamatkan dari jurang resesi. Sedangkan dari sisi kesehatan, penurunan kasus aktif Covid-19 ternyata tidak dibarengi dengan laju percepatan vaksinasi yang masih mengalami masalah di lapangan seperti distribusi, sumber daya, dan lain sebagainya.

Selain bertambah lebarnya jurang kesenjangan sosial, pandemi sedikit-banyak turut mengubah budaya masyarakat. Menaati protokol kesehatan bisa mengurangi risiko tertular Covid-19, namun menaati kebijakan pemerintah (di ruma saja) akan sulit menghidari risiko ketergantungan terhadap gadget dan budaya hedonisme.

Hedonisme

Peluang e-commerce atau pasar daring menjadi kebutuhan pokok di masa pandemi begitu terasa ketika pemerintah berulangkali menghimbau masyarakat untuk di rumah saja. Kebosanan aktivitas di dalam rumah yang memaksa masyarakat menjadi hedonisme. Selain mengisi waktu luang dengan menonton video, nge-game, dan bermedia sosial, masyarakat juga aktif menelurusuri kebutuhan rumah tangga dan gaya hidup di marketplace.

Dengan menyediakan berbagai jenis barang, e-commerce juga memberikan pelayanan mudah bagi pengguna. Mempertemukan penjual dan pembeli dalam pasar daring meningkatkan risiko konsumtif masyarakat. Apalagi beberapa kali menawarkan diskon, cashback, dan bonus pembelian yang menggiurkan di mata konsumen.

Pola hidup yang konsumtif sangat terlihat dari perilaku pembelian masyarakat. Konsumen membeli barang-barang ataupun jasa yang kurang atau tidak diperlukan sehingga sifatnya menjadi berlebihan. Artinya, seseorang menjadi lebih mementingkan faktor keinginan daripada kebutuhan dan cenderung dikuasai oleh hasrat keduniawian dan kesenangan material semata.

Robbers dan Jones (Naomi dan Mayasari, 2008) berpendapat bahwa perilaku konsumtif yang ditunjukkan dengan perilaku berbelanja yang berlebihan telah membawa dampak buruk bagi lingkungan hidup. Pertama, dari segi input dalam memproduksi suatu produk dengan penggunaan sumber daya yang boros, karena melebihi takaran yang seharusnya diperlukan. Dampak kedua adalah tingginya aktivitas terakhir perilaku konsumsi yaitu disposisi sebuah produk. Artinya pembuangan produk yang dilakukan oleh konsumen telah berlebihan sehingga lingkungan harus menerima buangan pemakaian produk yang cukup tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun