Kandidat

Ganjar Pranowo Cagub Jateng Ingin Renovasi Lapangan Terbang di Blora

7 Juni 2018   04:43 Diperbarui: 7 Juni 2018   04:51 204 0 0
Ganjar Pranowo Cagub Jateng Ingin Renovasi Lapangan Terbang di Blora
tempo.co

Meriahnya pilkada Jawa Tengah sangat menjadi sorotan dari aksi kampanye yang dilakukan oleh pasangan calon pemimpin Jateng ini, Selasa (24/4/2018) Ganjar Pranowo cagub Jateng melakukan kampanye sekeligus mengunjugi lapangan terbang yang ada di Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Beliau ingin menggubah lapangan terbang tersebut menjadi bandara komersil.

Landasan bekas lapangan terbang itu rusak berat. Aspal di landasan bekas pacuan itu mengelupas, serta di sejumlah ujung juga terlihat tumpukan batu. Bandara Ngloram di Blora tersebut aktif di era tahun 1980an, dan lapangan tersebut masih tercatat sebagai aset yang dimiliki Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Ingin Percepat Peralihan Lapangan Terbang Oleh Ganjar Pranowo Cagub Jateng

Lapangan terbang yang dikunjungi Ganjar Pranowo cagub jateng tersebut jika ingin dijadikan sebagai bandara komersil, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengalihkan hak aset dari lapangan terbang tersebut yang semula milik Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), beralih ke Kementrian Perhubungan.

"Prosesnya pengalihan aset dari ESDM ke Kementrian Perhubungan saat ini sudah dalam proses," ucap Ganjar.

Jika aset yang telah dialihkan, maka tahap selanjutnya dilakukan dengan kajian kelayakan atau feasibility study dan detail engineering design (DED). Bahkan landasan tersebut dapat juga menampung pesawat yang berbadan lebar.

"Kalau bandara ini revitaliasi, maka Cepu, Blora sampai Bojonegoro akan bisa memanfaatkan," ucapnya.

"Di Cepu banyak sumber minyak, kalau ada transportasi yang cukup cepat masuk ke wilayah ini, maka akan jadi pertumbuhan ekonomi yang bagus untuk Blora dan sekitarnya," harap pria 49 tahun ini.

Rencana Selanjutnya Oleh Ganjar Pranowo Cagub Jateng Untuk Lapangan Terbang Blora

Setelah peralihan aset yang dimiliki, Ganjar Pranowo cagub Jateng juga akan melebarkan landasan pacu yang semula 900 meter menjadi 1.350 meter dengan lebar 40 meter, sedangkan dana yang dibutuhkan untuk merubah wajah lapangan terbang menjadi bandara komeril ini membutuhkan dana sekitar Rp. 80 Miliar.

Ganjar Pranowo cagub Jateng Ingin Realisasikan rencana beliau untuk mengubah lapangan terbang Blora menjadi bandara komersil