Yohanes Pambudi
Yohanes Pambudi Officer Bank - Hobi Menulis - Cinta Damai dan Persatuan - Love Indonesia

Channel Officer Bank

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Inilah Daftar Persyaratan CPNS 2018

7 September 2018   09:00 Diperbarui: 7 September 2018   09:11 940 4 4
Inilah Daftar Persyaratan CPNS 2018
Pengumuman CPNS 2018 | kompas.com

September ini Pemerintah akan membuka lowongan kerja calon pegawai negeri sipil ( CPNS 2018 ). Jika anda berminat untuk menjadi abdi negara, mungkin ada baiknya anda perhatikan persyaratan CPNS 2018. Jangan sampai salah informasi apalagi terpedaya oleh oknum calo yang menawarkan jasa dengan imbalan yang sangat mahal.

Terkait pemumuman seputar seleksi CPNS 2018 sudah resmi dibuka. Jumlah lowongan yang dibuka tahun ini cukup banyak. Menurut Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi Bidang SDM Aparatur menjelaskan terkait Formasi Pengadaan CPNS 2018 yang terdiri dari Formasi Umum dan Formasi Khusus dengan total 238.015 Formasi dengan rincian 51.271 Formasi Instansi Pemerintah Pusat di 76 Kementrian/Lembaga dan 186.744 Formasi di 525 Instansi Pemerintah Daerah.

Tahapan pendaftaran dan verifikasi

Seperti melamar pekerjaan pada umumnya, tahapan awal adalah pendaftaran peserta serta verifikasi dokumen. Seluruh peserta yang ingin mendaftarkan diri sebagai CPNS 2018 akan mengakses situs pendaftaran dari satu portal yaitu sscn.bkn.go.id. Jadi tidak ada portal mandiri dari masing-masing instansi pemerintah.

Hingga saat saya menulis artikel ini, situs sscn.bkn.go.id masih belum bisa diakses. Beredar informasi dimedia bahwa kanal tersebut baru akan dibuka pertengahan September 2018 antara tanggal 16-19.

Sebaiknya sedari sekarang persiapkan dokumen seperti Ijazah, transkrip nilai, ktp, kk, surat lamaran, daftar riwayat hidup dalam bentuk digital dengan format microsoft word dan atau pdf.  Jangan lupa juga siapkan foto close up formal yang terbaru. Bilamana perlu urus juga SKCK, siapa tahu ada instansi tertentu yang memintanya kelak.

Tahapan seleksi administrasi

Setelah pendaftaran ditutup maka tahapan selanjutnya adalah seleksi berkas atau biasa disebut seleksi administrasi. Diperkirakan akan dimulai pada minggu ketiga Oktober 2018. Bila seluruh persyaratan administrasi sudah diserahkan dan tidak ada syarat yang dilanggar, anda bisa bernafas lega karena anda berpeluang besar lolos ketahap selanjutnya yaitu seleksi kompetensi dasar dan kompetensi bidang.

Tahapan seleksi kompetensi Dasar dan ompetensi bidang

Diperkirakan akan berlangsung pada minggu keempat pada bulan November 2018.  Seleksi ini menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT). Bila ingin lolos ke tahapan selanjutnya yaitu tahapan pemberkasan. Peserta harus mendapatkan nilai diatas ambang batas minimum. Namun bila anda ingin lebih optimis lolos, berupayalah untuk menjadi 10 besar peserta terbaik pada tahapan ini.

Tahapan seleksi pemberkasan akan dimulai pada bulan Desember 2018. Namun belum diketahui akan dilaksanakan pada minggu ke berapa. Oleh karena itu ada baiknya sejak sekarang anda sudah berlatih mengerjakan soal CAT. Anda bisa membeli buku tutorial mengerjakan soal CAT di toko buku terdekat atau mencarinya secara online di internet.

Formasi Khusus

Berbeda dengan formasi umum yang dapat diisi orang awam, formasi khusus memiliki kriteria yang berbeda. Khusus bagi lulusan terbaik, penyandang disabilitas, putra daerah Papua dan Papua Barat, diaspora, olahragawan berprestasi internasional, tenaga honorer kategori II dari profesi Guru dan medis.

Bila anda memenuhi syarat untuk melamar formasi khusus, lebih baik anda melamar dari jalur itu saja supaya tidak bersaing dengan formasi umum yang sudah pasti membludak pelamarnya.

Bila anda seorang diaspora ada posisi peneliti, dosen dan perekayasa yang bisa anda lamar. Hanya syaratnya harus lulusan S1 untuk perekayasa dan minimal S2 untuk dosen dan peneliti.

Untuk tenaga honorer kategori II meskipun mendaftar melalui jalur khusus, mereka tetap harus mengikuti test seleksi kompetensi dasar (SKD). Jadi meskipun sibuk bekerja sebagai guru maupun tenaga kesehatan anda harus luangkan waktu belajar mengerjakan soal SKD.

Terkahir terkait pendaftaran CPNS 2018 pastikan secara periodek untuk mengunjungi situs resmi dan akun sosial media resmi. Jangan percaya pada sumber lain yang abal-abal atau kurang jelas kredibilitasnya. Adapun situs dan akun sosial media tersebut adalah :

www.menpan.go.id

www.bkn.go.id

www.sscn.bkn.go.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2