Mohon tunggu...
Kavya
Kavya Mohon Tunggu... Penulis - Menulis

Suka sepakbola, puisi dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih Artikel Utama

TPS Khusus, Bikin Mahasiswa Tak Perlu Pulang Kampung untuk Mencoblos!

25 Januari 2024   01:21 Diperbarui: 26 Januari 2024   11:45 729
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Tempat Pemungutan Suara (TPS). (Foto: KOMPAS/TATANG MULYANA SINAGA)

Mahasiswi itu sumringah karena tidak perlu pulang ke rumahnya di Pekanbaru untuk bisa menikmati rasanya ikut Pemilu pertama kalinya. Ia bisa mencoblos di TPS (Tempat Pemungutan Suara) di kampusnya, Universitas Gajah Mada (UGM) pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Iya, ini pertama kalinya ikut Pemilu jadi antusias juga. Cukup terbantu ya dengan adanya posko KPU Sleman ini. Kemarin-kemarin belum sempat mengurus, karena kebetulan saya kan jauh di Pekanbaru. Akhirnya kesampaian juga buat ngurus Pindah Memilih walaupun agak antri," ujar Endita, mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi UGM seperti dikutip dari laman UGM.

Pemilih pemula adalah mereka yang belum bisa menyalurkan hak suara di Pemilu lima tahun sebelumnya (2019). Mereka berusia belasan hingga 20-an tahun,

Syarat bagi orang yang untuk menjadi pemilih dalam pemilu adalah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Apabila saat pemilu dilaksanakan masih berusia 16 tahun, maka harus menunggu lima tahun lagi hingga bisa menggunakan hak suaranya.

Pemilih lainnya adalah pensiunan atau purnawirawan anggota TNI dan Polri. Selama mereka aktif maka tidak bisa menggunakan hak suaranya.

Inklusif

Grafis pemilih pada Pemilu 2024 (Foto : kompas.id)
Grafis pemilih pada Pemilu 2024 (Foto : kompas.id)

Di UGM disediakan 9 TPS, merupakan satu-satunya TPS Khusus yang inklusif di DI Yogyakarta. Universitas lain yang terlibat diantaranya UII hingga STPMD.

"Ada 9 TPS, jadi kita labelnya TPS khusus di UGM tapi kita inklusif, artinya ada mahasiswa dari 12 perguruan tinggi yang terlibat dalam TPS khusus UGM ini," kata Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan, Hempri Suyatna saat berbincang baru-baru ini.

"Selain itu, mungkin juga TPS khusus yang terbesar di DIY dengan 9 TPS. Ada 2.611 pemilih yang sudah terdaftar dan di-fix-kan, masuk dalam daftar pemilih tetap. Di bulan Juli 2023 sudah ditetapkan oleh KPU sehingga nanti kita siap untuk 14 Februari 2024."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun