Mohon tunggu...
Yo Sugianto
Yo Sugianto Mohon Tunggu... Menulis

Suka sepakbola, puisi dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bola

PSSI Takut Meletus, Masa Merapi Harus Dipindah?

7 Juli 2020   01:54 Diperbarui: 7 Juli 2020   02:07 225 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PSSI Takut Meletus, Masa Merapi Harus Dipindah?
Stadion Mandala Krida (foto : Antara)

PSSI memang makin lucu, sekaligus memprihatinkan. Saat dipimpin oleh Edy Rahmayadi, yang lebih memilih jadi Gubernur Sumatra Utara meski belum lama jadi Ketua Umum PSSI, ia banyak dicemooh karena komentarnya. Seperti "pelatih itu coach" misalnya.

Sekarang penggantinya juga tak mau kalah. Kali ini soal alasan pembatalan Stadion Mandala Krida, Yogyakarta sebagai salah satu venue untuk even sarat gengsi, Piala Dunia U20.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa alasan dicoretnya Stadion Mandala Krida karena ketakutan akan meletusnya Gunung Merapi.

Sedangkan untuk Stadion Pakansari, Bogor yang juga sebelumnya disebut sebagai salah satu venue adalah karena kalah fasilitas disbanding Jakabaring dan Jalak Harupat.

Merapi yang berjarak 29,2 km dari Stadion Mandala Krida menjadi salah satu andalan pariwisata Yogyakarta. Aktivitas Merapi sebagai gunung api yang berstatus aktif wajar saja, dan tidak mengganggu masyarakat. Erupsi terakhir terjadi pada 28 Maret 2020 lalu.

Maka tak salah jika Gubernur Di Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X tersenyum setengah geli ketika ditanya wartawan soal gunung Merapi yang jadi alasan dibatalkannya Stadion Mandala Krida sebagai venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Kalangan pelaku dunia dunia pariwisata DIY pun menilai alasan PSSI itu cukup lucu. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Deddy Pranowo menyebut alasan yang disampaikan PSSI soal pembatalan Yogyakarta jadi venue Piala Dunia cukup lucu.

PSSI memang telah mengumumkan 6 stadion sebagai bakal venue Piala Dunia U-20. Stadion Mandala Krida yang sebelumnya masuk dalam daftar 10 venue tercoret. Ke 6 stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) -- Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya -- Palembang, Stadion Si Jalak Harupat - Kabupaten Bandung, Stadion Manahan -- Solo, Stadion Gelora Bung Tomo -- Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar - Bali

"Soal Mandala Krida kami sudah melihat, ini beberapa kali FIFA menanyakan tentang erupsi atau vulkanik atau gunung merapi," kata Mochamad Iriawan, dalam jumpa pers di Kantor Kemenpora,3 Juli 2020.

"Nah itu yang menjadi catatan dari FIFA, kita tidak bisa menahan kapan gunung itu tidak menyemburkan laharnya kan, jadi itu pertimbangannya," tambahnya.

Keputusan PSSI itu tentu saja mengecewakan masyarakat Yogyakarta yang sudah senang dengan ditunjuknya Mandala Krida sebagai salah satu venue Piala Dunia 2020 yang  akan berlangsung pada tanggal 20 Mei-12 Juni 2021 mendatang.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN