Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Penulis

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Universitas Sam Ratulangi Manado Peringkat 50 Versi Webometrics Tahun 2020

2 Agustus 2020   14:56 Diperbarui: 2 Agustus 2020   14:45 135 40 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Universitas Sam Ratulangi Manado Peringkat 50 Versi Webometrics Tahun 2020
rektor unsrat, ellen joan kumaat (sumber:dokpri)

Universitas Sam Ratulangi sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri(PTN) yang terletak di kawasan bibir Pasifik, tepatnya di kota Manado Provinsi Sulawesi Utara, tahun ini mencatat prestasi baru yang cukup membanggakan. 

Ya, universitas yang dikenal dengan nama UNSRAT, kini dipimpin rektor seorang wanita cantik dan smart Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat, MSc DEA dicatat menduduki peringkat 50 dari kurang lebih 400 PTN di Indonesia.

Berita yang dirilis kompas.com (30/07/2020) menurunkan topik '50 PTN dan PTS terbaik Indonesia Versi Webometrics 2020' mencantumkan dalam daftar, Unsrat menduduki peringkat ke 50. Info selengkapnya di sini.

Posisi ini meningkat bila dibandingkan dengan hasil yang diperoleh pada tahun 2016, Unsrat menduduki peringkat ke-52 versi Webometrics dri 100 PTN di Indonesia.

Peringkat universitas menurut atau versi Webometrics yang dilaksanakan sejak tahun 2004 merupakan inisiatif secara internasional unuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga lembaga penelitian suatu universitas di situs Web. Penilaian berdasarkan gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi web, visibilitasdan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang di terima.

10 besar universitas di Indonesia versi Webometrics 2020 berturut turut yaitu: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Telkom University, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponegoro dan Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta. Bandingkan dengan versi Webometrics 2016 yaitu: Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawidjaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran dan Institut Teknologi Surabaya.

Eksistensi peringkat 50 oleh Unsrat sedikitnya perolehan yang membanggakan warga di bumi nyiur melambai umumnya, warga kampus Tumou Tou khususnya. Perolehan ini tak lepas dari peranan rektor dan jajarannya, yang selalu termotivasi untuk bekerja keras demi pencapaian visi dan misi program menjadikan Unsrat sebagai universitas yang berkualitas, unggul dan berbudaya di Kawasan Timur Indonesia.

Peringkat 50 ini dijadikan pemicu dan pemacu semangat mengabdi dan berkarya bagi warga universitas agar tetap semangat menjalankan tri dharma perguruan tinggi melalui pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas agar di tahun mendatang peringkat ini akan lebih baik dan meningkat!

Bravo UNSRAT, almamater tercinta!

Manado 02082020.

referensi: kompas.com dan id.wikipedia.org;

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x