Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Penulis

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mengenang Sosok Sam Ratulangi: IKA UNSRAT Gelar Webinar dan Peluncuran Buku Karya Prof Ishak Pulukadang

30 Juni 2020   12:59 Diperbarui: 30 Juni 2020   13:11 137 48 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenang Sosok Sam Ratulangi: IKA UNSRAT Gelar Webinar dan Peluncuran Buku Karya Prof Ishak Pulukadang
Dr Sam Ratulangi(sumber:tirbunnewswiki.com)

Kemarin saya menerima informasi di grup WA Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan Unsrat tentang undangan seminar dan bedah buku: "Pancasila dan Negara Proklamasi". Kolega saya Ir Boyke Rorimpandey, MP, wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni Fapet Unsrat menginformasikan kegiatan Webinar dan peluncuran buku karya Prof Drs Ishak Pulukadang dalam rangka memperingati wafatnya DR Sam Ratulangi, 30 Juni 1949.

Penggagas acara webinar ini adalah Ikatan Alumni Unsrat (IKA UNSRAT). Webinar dan peluncuran buku ini rencananya akan di gelar hari ini 30 Juni 2020, jam 14.00 sampai dengan 16.00 WITA.

Sambutan akan disampaikan ketua IKA Unsrat, Ir Marhany VP Pua, MA dan wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni Unsrat Drs.T.A.M. Ronny Gosal, MSi.

Para pembahas yang akan di hadirkan dalam webinar dan bedah buku ini adalah Prof Dr John Pieris, SH, MSi (Anggota Lembaga Pengkajian MPR RI/Ketua Pusat Studi Hukum dan Konstitusi UKI), Prof Dr  Ir Lucky W Sondakh, MEc (Ketua Dewan Pakar IKA Unsrat/mantan Rektor Unsrat), Dr Drs Novie R Pioh, MSi (Dekan FISIP Unsrat) dan Dr dr Taufik Pasiak, MKes, MPdl(Dosen, Ilmuwan Otak dan Perilaku, Aktivis kemasyarakatan dan penulis).

Webinar dan Peluncuran buku: Pancasila dan Negara Proklamasi karya Prof Drs Ishak Pulukadang ini akan dipandu moderator Dr Ferry Liando, SIP, MSi (Dosen FISIP Unsrat dan juga pemerhati masalah sosial politik Sulawesi Utara).

Bagi kompasianer yang berminat mengikuti webinar ini silahkan klik aplikasi zoom di https:bit.ly/IKAUNSRAT-peluncuran-buku meeting  ID: 88530358692.

Saya anggap kegiatan ini menarik dan memiliki nilai kepedulian terhadap sosok Dr Sam Ratulangi. Salut buat penyelenggara yaitu IKA UNSRAT yang menunjukkan nilai nilai pewarisan yang berkesinambungan dalam mengenang sosok Pahlawan Nasional Dr Sam Ratulangi dimana nama itu yang melekat erat dalam nama Universitas yang telah menjadikan para Alumni menyelesaikan studi di perguruan tinggi tercinta Universitas Sam Ratulangi.

Sosok Dr Sam Ratulangi sudah dikenal oleh kita semua. Falsafah nya yang populer SI TOU TIMOU TUMOU TOU yang bermakna Manusia Hidup Hendaknya Memanusiakan Manusia, yang telah memotivasi masyarakat dan warga Sulawesi Utara khususnya untuk di aplikasikan dalam kehidupan nyata.  Gelar Webinar dan bedah buku hari ini menjadi realita dari penerapan filosofi itu.

Sebagai pelengkap tulisan ini saya teringat artikel yang pernah di publis lima tahun lalu berjudul : Mengenang Sam Ratulangi, selengkapnya disini: https://www.kompasiana.com/johanisalbertmalingkaspacaran/55917e68aa23bd2e25bfb917/mengenang-sam-ratulangi

Selamat berwebinar dan bedah buku sambil mengenang sosok Dr Sam Ratulangi!!!

Salam Kompasiana.

Manado 30062020.

VIDEO PILIHAN