Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Dosen

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana

Memetik Nilai-nilai Semangat Ramadan Jadi Inspirasi untuk Berkarya!

7 Juni 2019   03:10 Diperbarui: 7 Juni 2019   03:19 0 18 7 Mohon Tunggu...
Memetik Nilai-nilai Semangat Ramadan Jadi Inspirasi untuk Berkarya!
Ramadan (sumber:wow.tribunnews.com)

Ramadan tahun ini menjadi bulan yang penuh hikmah dan berkah.Ramadan adalah semacam ajang candradimuka bagi kita khususnya umat Islam. Di dalamnya selama satu bulan kita di tempa untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kita di uji agar bisa mengalahkan hawa nafsu.

Ramadan adalah keseimbangan hidup yang menimbulkan ketenangan, ketenteraman dan kebahagiaan lewat suatu kebersamaan yang indah. Didalam bulan Ramadan kita diajarkan hidup seimbang antara pekerjaan untuk kepentingan duniawi dan ibadah untuk kepentingan ukhrowi.

Hal ini pula yang seringkali menyadarkan diri kita bahwa sesungguhnya hakikat hidup ini adalah untuk senantiasa beribadah kepada Sang Khalik.

Kebersamaan sejak mempersiapkan sahur, iftar, dan berjalan ke mesjid penuh rasa gembira untuk melaksanakan shalat tarawih dan subuh merupakan anugerah indah yang mungkin tidak didapatkan pada bulan selain Ramadan.

Berpuasa di bulan Ramadan juga merupakan satu bentuk kepatuhan kita kepada Nya.

Hikmah lain Ramadan, sangatlah dirasakan positifnya terhadap kedisiplinan, solidaritas, kesabaran, keikhlasan dan kejujuran.

Nilai-nilai yang dapat dipetik dari bulan Ramadan, yaitu kedisiplinan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, belajar mengendalikan diri, belajar saling menghargai, membiasakan diri untuk berbagi dan belajar mensyukuri semua yang di miliki.

Nah, di bulan Ramadan tahun 2019 ini patut berterima kasih kepada Kompasiana dengan di gelarnya kompetisi Tebar Hikmah Ramadan (THR) selama 33 hari, sejak 6 Mei hingga 7 Juni 2019. Kompasianer ditantang menulis artikel setiap hari dengan topik yang bervariasi. Mulai dari tema: "Ini harapanku selama Ramadan 2019" hingga "Semangat Ramadan Akan Terus Menjadi Inspirasiku!".

Sebagai kompasianer yang juga mengikuti program yang menantang ini saya berupaya untuk mendisiplinkan diri menulis setiap hari. Saya berusaha untuk mampu membagi waktu untuk menjalankan tugas rutin yaitu bekerja dikantor dan di rumah, beribadah dan meluangkan waktu mempersiapkan materi tulisan bahkan membaca artikel-artikel menarik lainnya di Kompasiana.

Banyak manfaat yang dapat di peroleh dari menyimak artikel-artikel yang bertaburan di Kompasiana. Artikel-artikel yang berisi pedoman atau tips jitu dalam menjalani bulan Ramadan dan aktivitas-aktivitas yang biasanya dilakukan di bulan Ramadan.

Barangkali perlu disampaikan disini secara ringkas tema-tema artikel tersebut: harapan selama ramadan, tips jaga stamina, mewaspadai modus kejahatan finansial, tradisi ramadan di berbagai daerah, tips mengurangi penggunaan plastik, serunya berburu takjil, resep sajian sehat, pro kontra sedekah, lokasi wisata, menjaga hati di medsos, pengusaha dadakan, hobi jelang berbuka, berbuka dengan yang manis (pro kontra), fiksi menanti fitri, OOTD ngabuburit, tips mudik, semarak keberagaman, rekomendasi film, fiksi tema pulang, sukaduka mudik, aplikasi ponsel saat liburan, menulis surat buat seseorang yang alami kesukaran, momen saling memaafkan saat idul fitri, buat artikel bebas #dibikinsimpel dan #antiribet dan terakhir semangat ramadan jadi inspirasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2