Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bertindak Impulsif atau Intuitif?

19 September 2021   09:58 Diperbarui: 19 September 2021   10:03 119 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bertindak Impulsif atau Intuitif?
Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, May - June 2021, hlm. 38-39.

"Pada akhirnya, hanya tiga hal yang penting. Seberapa baik kita hidup, seberapa baik kita mencintai, dan seberapa baik kita telah belajar untuk melepas pergi." - Jack Kornfield.

Pernahkah Anda tiba-tiba memiliki keinginan yang luar biasa untuk pergi ke minimarket terdekat untuk mendapatkan permen? Apakah Anda pernah mengikuti dorongan untuk melakukan sesuatu yang baik untuk seseorang yang belum Anda kenal? Apakah Anda terkadang mendapati diri Anda mengatakan sesuatu dalam kemarahan yang kemudian Anda sesali?

Impuls adalah sebuah keputusan yang dibuat tanpa berpikir, yang biasanya didorong oleh respons emosional terhadap sebuah pemicu eksternal yang jelas: menghabiskan sebungkus kripik kentang, entah milik siapa, yang tergeletak di atas meja, terkagum-kagum pada seseorang yang belum Anda kenal, mengklik "beli sekarang" sebagai respons terhadap sebuah iklan menggoda yang muncul di layar HP Anda, ini adalah contoh bertindak berdasarkan impuls atau dorongan hati, bukan intuisi.

Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, May - June 2021, hlm. 36-37.
Ilustrasi. Sumber: Planet Mindful, May - June 2021, hlm. 36-37.

Kearifan batin Anda tidak membimbing Anda untuk makan lebih banyak junk food, membeli lebih banyak fashion cepat atau mengumpat orang yang mengambil tempat parkir Anda. Itu tidak berarti bahwa bertindak impulsif selalu merupakan hal yang buruk. Terkadang, dorongan kita menuntun kita untuk melakukan hal-hal yang luar biasa, tetapi itu bisa menjadi sedikit "kena atau meleset" sehingga sangat layak untuk diperhatikan, apakah Anda akan melaksanakan dorongan itu melalui pemikiran rasional atau intuisi Anda terlebih dahulu.

Perbedaan Intuisi dan Impuls
Intuisi dan impuls sering membingungkan, tetapi ada perbedaan halus yang bisa Anda pelajari untuk dipahami.

Intuisi adalah pengetahuan batin yang tidak memerlukan pemikiran sadar. Intuisi tidak memiliki urgensi yang mencirikan impuls dan tidak didorong oleh emosi atau keinginan. Intuisi adalah sebuah kearifan yang tenang dan kokoh yang muncul ketika kita melakukan penyesuaian dengan diri kita sendiri. Intuisi adalah guru batin Anda.

Sampai belakangan ini, tidak banyak yang diketahui tentang intuisi. Bagi banyak orang, apa yang tidak bisa dilihat, terbukti dan didokumentasikan secara ilmiah, mereka berhentikan.

Sains tentang Intuisi
Ketika Anda melihat sebuah tumbuhan tiba-tiba muncul melalui sebuah celah di trotoar, tampaknya tumbuhan itu tidak berpenopang, tetapi itu hanya karena Anda tidak melihat jaringan akar dan nutrisi yang luas menyebar di bawah celah itu. Bahkan celah kecil bisa membukakan banyak sumberdaya.

Intuisi kita, seperti tumbuhan itu, tampaknya tidak berpenopang dan oleh karena itu tidak bisa diandalkan karena kita tidak bisa melihat bahwa akarnya yang kuat memasuki pikiran bawah sadar kita yang luas dan cerdas, yang memberikan akses ke pengalaman dan kearifan seumur hidup yang tidak mungkin disimpan dalam pikiran sadar kita. Penelitian mengsiyaratkan bahwa otak kita pada dasarnya adalah mesin prediksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan