Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Virus Corona dalam Lukisan Seorang Seniman dan Ahli Biologi

6 September 2021   02:32 Diperbarui: 6 September 2021   02:39 121 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Virus Corona dalam Lukisan Seorang Seniman dan Ahli Biologi
SARS-CoV-2. Sumber: American Scientist, Volume 109, March - April 2021, hlm. 88.

Lukisan seniman dan ahli biologi David S. Goodsell, SARS-CoV-2 dan Antibodi, menggambarkan penampang melintang dari virus Corona baru yang menyebabkan COVID-19. Protein spike karakteristik virus corona (magenta) mengikat dan menginfeksi sel-sel. Genom RNA di dalam virus dikemas dengan aman oleh banyak salinan protein nukleokapsid (biru). Virus dikelilingi oleh molekul plasma darah, termasuk antibodi (kuning cerah). Beberapa antibodi ditunjukkan mengikat protein spike, menetralkan virus dan mencegah infeksi.


***

Seni bisa menjadi sarana untuk memahami cara kerja bagian dalam sel-sel.

Tujuan utama sains adalah untuk mencari hal-hal yang tidak dipahami dengan baik, dan kemudian menemukan cara untuk memperkuat pemahaman kita tentangnya. Proses ini adalah bagian dari apa yang membuat pekerjaan ini begitu menyenangkan: Kita bisa menjelajahi dan membangun, penemuan demi penemuan, pengetahuan yang semakin mendetail tentang dunia alami.

Sepanjang karir sebagai seorang ahli biologi, Goodsell telah menjelajahi banyak topik, termasuk struktur DNA, metode merancang obat baru, dan mekanisme molekuler menakjubkan yang digunakan oleh virus dan bakteri. Dalam setiap kasus, Goodsell telah menggunakan seni untuk memperkuat dan memperdalam eksplorasi ini.

Selama 30 tahun terakhir, Goodsell telah membuat ilustrasi yang menangkap keadaan pengetahuan saat ini tentang alam mesoskala biologi, skala antara protein individual dan molekul DNA, dan menunjukkan bagaimana molekul-molekul ini tersusun dalam sel hidup.

Dalam ilustrasi-ilustrasi berikut, Goodsell mencoba membayangkan apa yang akan kita lihat jika kita bisa memperbesar bagian sel dan virus jutaan kali, sehingga molekul individual terlihat.

Setiap karya seni baru dimulai dengan perburuan harta karun di mana Goodsell menyisir kepustakaan untuk mendapatkan sedikit informasi yang diperlukan untuk mendukung ilustrasinya.

Apa struktur setiap molekul biologis? Berapa banyak salinan dari setiap molekul yang perlu disertakan, dan bagaimana salinan itu cocok dengan struktur sel yang lebih tinggi? Siapa berinteraksi dengan apa? Untuk setiap pertanyaan yang dijawab, selalu ada selusin lagi yang harus dikejar dalam upaya Goodsell untuk menghidupkan lanskap bagian dalam ini.

Seperti yang bisa Anda bayangkan, dosis lisensi artistik yang sehat sangat penting dalam proses ini. Meskipun molekul dan sel telah dipelajari selama beberapa dekade, banyak detail ilmiah yang tidak diketahui, setidaknya tidak pada tingkat kepastian yang dibutuhkan untuk menggambarnya. Lukisan yang ditampilkan di sini menunjukkan beberapa kreativitas yang perlu digunakan oleh Goodsell.

Pada awal 2020, saat pandemi COVID-19 melanda dunia, Goodsell menetapkan tujuan membuat potret virus Corona baru itu, untuk membantu menempatkan "wajah" di atasnya dan mengurangi rasa takut akan hal yang tidak diketahui. Pada saat itu, hanya ada sedikit informasi yang tersedia tentang virus itu, tetapi urutan genom virus dan mikrograf awal menunjukkan bahwa virus itu sangat mirip dengan partikel virus (atau virion) SARS-CoV 2003.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan