Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Fisika untuk Hiburan 34 (Rotasi): Mengapa Gasing Tidak Tumbang?

2 Agustus 2021   16:31 Diperbarui: 2 Agustus 2021   16:53 98 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fisika untuk Hiburan 34 (Rotasi): Mengapa Gasing Tidak Tumbang?
Berbagai macam gasing. Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Top_(toy)#/media/File:A_tough_gang_of_Spinning_Tops.jpg

Catatan:
Menarik untuk disimak bahwa kata "top" dalam bahasa Inggris bisa bermakna "atas" maupun "gasing."

Gasing bambu Yogyakarta. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Gasing_Bambu_Yogyakarta.jpg
Gasing bambu Yogyakarta. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Gasing_Bambu_Yogyakarta.jpg

Gasing adalah sebuah mainan yang bisa berputar pada sumbu dan setimbang pada sebuah titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan sampai sekarang masih menjadi mainan anak-anak maupun orang dewasa.

Sebagian besar gasing dibuat dari kayu, walaupun sering dibuat dari plastik atau bahan-bahan lain. Kayu diukir dan dibentuk hingga menjadi bagian badan gasing. Tali gasing umumnya dibuat dari nilon, sedangkan tali gasing tradisional dibuat dari kulit pohon. Panjang tali gasing berbeda-beda bergantung pada panjang lengan orang yang memainkannya

Gerakan gasing didasarkan pada efek giroskopik. Gasing biasanya berpusing terhuyung-huyung untuk beberapa saat hingga interaksi bagian kaki (paksi) dengan permukaan tanah membuatnya tegak.

Setelah gasing berputar tegak untuk beberapa lama, momentum sudut (angular momentum) dan efek giroskopik berkurang sedikit demi sedikit hingga akhirnya bagian badan gasing tumbang ke permukaan tanah.

Saya termasuk satu dari banyak orang yang pernah bermain gasing di masa kecil. Setiap kali saya bermain gasing, selalu ada pertanyaan mengapa gasing yang sedang berpusing tidak tumbang sebelum kecepatannya menjadi cukup kecil untuk membuatnya tumbang?

Saya ajak para pembaca sekalian untuk mengkaji hal ini dari aspek Fisika untuk Hiburan, sekaligus bernostalgia dengan mainan jadul ini, atau barangkali di antara para pembaca masih ada yang bermain gasing sampai sekarang?

Mengapa gasing yang sedang berpusing, baik dalam keadaan tegak atau bahkan miring, tidak tumbang? Apa yang membuat gasing tetap berada dalam posisi yang tampaknya tidak stabil itu? Apakah ada pengaruh gaya gravitasi?

Yang terjadi pada gasing yang sedang berpusing adalah interaksi di antara gaya-gaya yang agak mengherankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN