Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Galium yang Tidak Toksik dan Ramah Lingkungan

15 Juli 2021   10:10 Diperbarui: 15 Juli 2021   10:15 150 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Galium yang Tidak Toksik dan Ramah Lingkungan
Penjelajah Opportunity. Diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 136.

Panel surya yang menggerakkan penjelajah Opportunity yang menjelajahi Mars ini  mengandung Galium dan Arsen. 

Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Dalam tabel periodik, Galium termasuk dalam golongan Boron atau golongan 13 (lihat artikel saya: Boron, Unsur Terkeras Setelah Berlian) dan memiliki nomor atom 31.
Bijih Diaspore dan Galium murni. Diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 136.
Bijih Diaspore dan Galium murni. Diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 136.
Galium murni. Sumber: buku How It Works - Book of the Elements, hlm. 110.
Galium murni. Sumber: buku How It Works - Book of the Elements, hlm. 110.
Perhatikan gambar di atas. Gallium murni adalah logam mengkilap yang meleleh pada temperatur 29C, yang berarti akan segera meleleh setelah dipegang selama beberapa menit. Logam cair yang dihasilkan akan sedikit menodai kulit, tapi tidak toksik.

Unsur ini ditemukan dalam jumlah kecil dalam bijih Seng dan Aluminium, misalnya Diaspore. Galium murni diisolasi ketika unsur-unsur lain dari bijih ini diekstraksi.

Gallium adalah salah satu unsur yang keberadaannya diprediksi oleh Dmitri Mendeleev pada 1871 untuk mengisi celah dalam tabel periodiknya. Mendeleev menyebutnya Eka-Aluminium ("di bawah aluminium"), hanya 4 tahun sebelum Galium ditemukan oleh kimiawan Prancis Paul Emile Lecoq de Boisbaudran.

Pada awalnya, de Boisbaudran mengidentifikasi unsur itu dengan menggunakan spektroskopi, dan kemudian pada tahun yang sama ia mengekstraksi logam Galium dengan menggunakan elektrolisis.

Nama "Galium" (Inggris: Gallium) berasal dari kata Latin Gallia, yang mengacu pada negeri kuno Gaul, cikal bakal Prancis, negara asal de Boisbaudran.

Saat ini, sekitar 200 ton logam Galium diproduksi di seluruh dunia setiap tahun, sebagian besar sebagai produk sampingan dari ekstraksi Aluminium. China, Jerman, dan Kazakhstan adalah produsen terbesar, dan sebagian besar Galium dihasilkan diperoleh dengan mendaur ulang semikonduktor.

Galium memiliki sejumlah kegunaan. Galinstan adalah paduan yang mengandung sekitar dua pertiga Galium (bersama dengan Indium dan timah), meleleh pada -19C, dan semakin banyak digunakan sebagai pengganti Merkuri yang toksik dalam termometer.

Gallium juga ditemukan pada cakram Blu-ray, LED, dan beberapa panel surya, seperti pada penjelajah Mars NASA (lihat foto judul).

Sebagian besar permintaan logam Galium berasal dari industri semikonduktor, baik untuk doping Silikon untuk memproduksi transistor maupun untuk memproduksi senyawa Galium(III) arsenida (GaAs) dan Galium(III) nitrida (GaN). Beberapa sirkuit terpadu (chip), terutama yang digunakan dalam telekomunikasi, dibuat dari 2 senyawa ini alih-alih silikon.

Kristal pemancar cahaya di dalam LED (light-emitting diodes) dan dioda laser mengandung campuran beberapa senyawa Galium. Galium arsenida digunakan dalam LED merah dan inframerah, dan Gallium arsenat fosfida dalam LED kuning. LED biru dan ultraviolet serta dioda laser mengandung Galium nitrida, dan penemuan komponen inilah yang memungkinkan cakram Blu-ray memiliki densitas yang tinggi. Galium arsenida juga digunakan untuk membuat sel surya yang efisien, meskipun biayanya yang mahal membatasi penggunaannya hanya untuk produk kelas atas seperti satelit dan wahana antariksa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN