Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Polonium yang Sangat Radioaktif

14 Juli 2021   15:14 Diperbarui: 14 Juli 2021   15:37 129 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Polonium yang Sangat Radioaktif
Penjelajah Lunokhod. Sumber: buku Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia, hlm. 174.

Kereta bulan robotik ini tetap hangat di permukaan bulan oleh panas yang dihasilkan  Polonium di dalamnya.

Ada hal yang sangat menarik perhatian saya tentang unsur Polonium ini, yaitu etimologinya yang sama dengan Polonia, nama jalan dan pernah digunakan untuk menamai bandara lama sebelum Kuala Namu di Medan. Polonia adalah kata Latin yang bermakna Polandia, lihat artikel saya: Polonia dan Helvetia.

Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Tabel periodik unsur-unsur kimia, diadaptasi dari buku: Periodic Table Book - A Visual Encyclopedia.
Dalam tabel periodik, Polonium termasuk dalam golongan Oksigen atau kalkogen (chalcogen) atau golongan 16 dan memiliki nomor atom 84, lihat artikel saya: Tellurium dalam Panel Surya.

Polonium adalah logam yang langka dan sangat radioaktif tanpa isotop yang stabil. Polonium secara kimiawi mirip dengan Selenium dan Tellurium, meskipun karakter logamnya menyerupai tetangga horizontalnya dalam tabel periodik: Talium, timbal, dan Bismut.

Karena waktu paruh yang pendek dari semua isotopnya, kejadian alaminya terbatas pada jejak kecil dari polonium-210 yang sekilas (dengan waktu paruh 138 hari) dalam bijih Uranite, dan merupakan hasil peluruhan kedua terakhir dari Uranium-238 alami.

Secara keseluruhan Polonium memiliki 42 isotop yang semuanya radioaktif, dengan  massa atom yang berkisar dari 186 hingga 227 u.

Ada isotop Polonium yang berumur sedikit lebih lama, tapi jauh lebih sulit untuk diproduksi. Saat ini, Polonium biasanya diproduksi dalam jumlah miligram dengan iradiasi netron Bismut.

Karena radioaktivitasnya yang intens, yang menghasilkan radiolisis ikatan kimia dan pemanasan sendiri yang radioaktif, sifat kimianya sebagian besar hanya diselidiki pada skala runut.

Polonium sangat radioaktif, 1 gram Polonium-210 dengan cepat memanas hingga 500C karena radiasi alfa intens yang dipancarkannya dan menghasilkan daya sekitar 140 watt.

Marie Curie dan suaminya, Pierre Curie. Sumber: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Pierre_and_Marie_Curie.jpg
Marie Curie dan suaminya, Pierre Curie. Sumber: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Pierre_and_Marie_Curie.jpg
Unsur Polonium ditemukan pada 1898 oleh fisikawan Polandia Marie Curie dan suaminya, kimiawan Prancis Pierre Curie. Ketika meneliti sampel bijih Uranium, yaitu Pitchblende (belakangan namanya diganti menjadi Uranite,  UO2 yang juga mengandung berbagai proporsi U3O8), Marie dan Pierre memperhatikan bahwa tingkat radioaktivitas yang dikandung bijih ini 4 kali lipat dari yang diharapkan.

Setelah menganalisis bijih tersebut dan mencari semua unsur yang diketahui, mereka menduga bahwa setidaknya harus ada 1 unsur yang tidak diketahui. Sebenarnya, ada 2 unsur, mereka pertama kali menemukan Polonium, kemudian Radium pada tahun yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN