Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Tabrakan Antar Sesama Konsonan Bahasa Indonesia

11 April 2021   14:45 Diperbarui: 24 April 2021   12:03 207 4 0 Mohon Tunggu...

Saya perhatikan, ada kata-kata yang jika diberi berimbuhan, cenderung menimbulkan apa yang saya namakan "tabrakan antar konsonon." Apa itu?

Di sini kita lihat contoh pada kata-kata dasar yang mengalami penambahan imbuhan per-an dan awalan ber-.
Tabrakan ini akan terjadi jika ada 2 kata dasar, yang satu diawali dengan vokal dan satu lagi konsonan "r," contoh api-rapi dan evolusi-revolusi.

Agar pemberian imbuhan atau awalan pada kata-kata ini tidak mengalami tabrakan yang dimaksud, saya sarankan untuk menggunakan tanda penghubung (-), agar kita tidak usah melihat konteks kata dalam kalimat dan langsung bisa memaknai kata turunannya.
1. api-rapi
per-apian: panas dan cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar.
pe-rapian: pekerjaan merapikan.

2. evolusi-revolusi
ber-evolusi: mengalami evolusi.
be-revolusi: mengalami revolusi.

Contoh serupa pernah saya temukan dalam bahasa Inggris, yaitu kata: busy ((sibuk, menyibukkan (diri seseorang)).
Kata sifat atau kata kerja "busy" jika dijadikan kata benda dengan menambahkan akhiran "-ness" maknanya berubah menjadi............. business (bisnis). Apa hal? Tak ada pilihan lain, jika kita mau menuliskan kata benda yang bermakna "kesibukan," gunakan tanda penghubung: busy-ness.

Penutup: Laporan Kejadian 
Tadi siang telah terjadi tabrakan "adu kebo" beruntun di antara per-apian ("r" milik imbuhan "per-an") dengan pe-rapian ("r" milik kata dasar "rapi") dan ber-evolusi ("r" milik awalan "ber-") dengan be-revolusi ("r" milik kata dasar "revolusi"). 2 korban, yang semula memang dihilangkan, hilang dari tempat kejadian, dan kerugiannya sebesar 2 (dua) "r."

Jonggol, 11 April 2021

Johan Japardi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x