Mohon tunggu...
Johan Rahman
Johan Rahman Mohon Tunggu... Keabadian dan Menginspirasi

Bergelut dalam imajinasi berpadu dengan sajak dan aksara Writer @johan.smansa 085602936194

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tradisi di Hari Lebaran

31 Juli 2020   11:10 Diperbarui: 31 Juli 2020   11:04 13 4 2 Mohon Tunggu...

Hari Raya Lebaran selalu identik dengan hal-hal yang berbau menyenangkan. Setiap orang pasti ingin hari kemenangannya tampak spesial. Hari Lebaran juga dipenuhi dengan kesibukan menyiapkan sajian dan berbagai kegiatan penunjang lainnya. Hal itulah yang membuat kita akan terus pulang ke kampung halaman tercinta. 

Kegiatan silaturahim juga tak kalah pentingnya kita lihat ketika hari Lebaran. Begitupun berbagai panganan khas menjadi pemandangan wajib yang kita temui. Seolah hal itu menjadi tradisi atau kebiasaan dari sejumlah daerah di Indonesia yang masih dipertahankan sampai sekarang.

Berikut beberapa tradisi yang biasa dilakukakan atau hal yang harus ada di Hari Lebaran, antara lain:

  • Buras Atau Ketupat: biasanya ketika Lebaran, rumah-rumah akan dihiasi berbagai jenis makanan tradisional setempat. Makanan yang paling umum yang harus ada tersaji yaitu buras atau ketupat. Memang ketupat adalah makanan khas dan unik yang paling digemari setiap orang ketika lebaran.
  • Halal bi Halal: Salah satu tradisi yang menyenangkan adalah halal bi halal. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperpanjang tali silaturahim dari sanak keluarga, tetangga, dan teman. Biasanya orang akan berkunjung ke rumah-rumah secara bergiliran sebagai wujud rasa saling memaafkan satu sama lain. 
  • Mabbaca: dari beberapa daerah di Indonesia, khususnya dari suku Bugis, tradisi yang paling unik adalah mabbaca atau membaca. Mabbaca diistilahkan sebagai kegiatan melantunkan doa-doa setelah melaksanakan shalat Idul Fitri atau Idul Adha sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Swt. karena masih diberikan kesehatan untuk bertemu dan merasakan hari Lebaran. 
  • Ziarah kubur: berziarah ke makam atau kuburan adalah hal yang wajib ada ketika lebaran tiba. Kegitan yang dilalukan untuk mengunjungi makam seraya membersihkan makam dan memanjatkan doa-doa kepada yang telah tiada. Tradisi ini juga menyimpan makna yang mendalam yaitu sebagai pengingat akan kematian. Setiap orang mempunyai batas usia masing-masing, tinggal menunggu ajalnya menjemput.
  • THR (Tunjangan Hari Raya): sebagai hari yang besar penuh kemuliaan, semua orang pasti ingin melakukan kebaikan salah satunya dengan bersedekah. Hal itu bisa dilakukan dengan memberikan tunjangan hari raya berupa uang atau semacamnya. Biasanya para pekerja kantoran atau pejabat yang menerima tunjangan hari raya dan biasa juga kepada sanak keluarga atau orang yang membutuhkan. 
  • Rekreasi: Tentu dengan adanya hari Lebaran, setiap keluarga pasti akan berkumpul di kampung halaman. Setelah beraktifitas penuh di hari lebaran, mereka akan menghabiskan waktu bersama-sama memanfaatkan waktu dengan pergi rekreasi atau liburan.

VIDEO PILIHAN