Jovie Candra P
Jovie Candra P Enterpreneur and Freelancer

www.joecandra.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Tuntutan Kreatif bagi Wirausaha Muda "Kekinian"

13 Januari 2018   17:45 Diperbarui: 13 Januari 2018   18:08 630 1 0
Tuntutan Kreatif bagi Wirausaha Muda "Kekinian"
Cover

Berbicara mengenai seorang enterpreneur tak jauh dengan kata kreatif, apalagi seorang young enterpreneur seperti saya. Berbagai macam inovasi harus dilakukan dan dikembangkan demi menciptakan sebuah karya yang mampu bersaing dan tidak monoton.

Kreatif dan wirausaha adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan saling memiliki keterkaitan antara satu sama lain.

Bagi saya, seorang enterpreneur harus memiliki banyak wawasan, strategi, kreatifitas, dan memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah (problem solving). Saya sendiri harus bisa dan berusaha memiliki beberapa hal tersebut.

Bagaimana cara menambah wawasan? Bagaimana cara mengatur strategi? Bagaimana jika kreatifitas buntu? Dan bagaimana cara memecahkan sebuah masalah? Beberapa pertanyaan tersebut yang selalu ada di benak saya sebelum saya memutuskan menjadi seorang young enterpreneur.

Sub
Sub
Saat ini, saya adalah seorang freelancerdan young enterpreneur yang memiliki bisnis di bidang graphic design, teaching,photography, writing,dan baru-baru ini memiliki aktivitas bisnis baru di bidang traveling.

Inspirasi itu sangat penting bagi pekerjaan saya saat ini. Butuh banyak sekali masukan, informasi, dan juga referensi. Bagaimana jika kehabisan inspirasi? Tentu saja saya harus melakukan beberapa hal untuk mendapatkan inspirasi dan ide-ide cemerlang.

Inspirasi bagi saya adalah sebuah ruh dalam raga, apabila sebuah raga tidak memiliki ruh, maka raga ini tidak akan dapat bergerak. Oleh karena itu, saya terus berusaha untuk menemukan cara agar raga ini tetap dapat bergerak.

Pekerjaan seorang enterpreneur itu tidak mudah, karena akan ada banyak persaingan dan inovasi-inovasi baru sesuai perkembangan zaman.

Tuntutan menjadi seorang yang kreatif adalah harga mutlak dalam dunia enterpreneur, sedangkan kreatifitas membutuhkan sebuah inspirasi sebagai pendukung utamanya. Saya pun juga demikian, saya termasuk orang yang haus akan inspirasi untuk mengembangkan bisnis yang sedang saya jalani.

Sub
Sub
Saat ini, saya hidup dan berkecimpung di dunia yang menuntut saya untuk menjadi seorang yang super kreatif supaya mampu bersaing dengan beberapa pelaku enterpreneur lainnya. Kreatif bagi saya itu sangat perlu dikembangkan. Kreatifitas tidak hadir dengan sendirinya melainkan harus kita asah dan kita praktekkan.

Hidup di dunia "kreatif" itu adalah pilihan saya, dengan menjadi seorang yang kreatif, saya dapat mengasah kemampuan otak kanan saya dan meningkatkan skill yang saya miliki. Beberapa bidang bisnis yang sangat menuntut saya untuk menjadi seorang yang kreatif adalah :

  • Graphic Design : Menjadi seorang graphic designer menuntut saya untuk bisa membuat sebuah designyang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh client. Selain itu, saya juga harus membuat designcadangan sebagai option apabila clientmenginginkan designyang berbeda.
  • Teaching : Kemampuan di bidang musik dan IT yang saya miliki, membuat saya memiliki pekerjaan sampingan sebagai seorang pengajar musik dan guru IT private. Di sini, saya harus kreatif dalam mengaransmen sebuah lagu dan kreatif dalam memberikan sebuah materi pembelajaran supaya tidak membosankan.
  • Photography : Walaupun saya tidak terlalu mahir dalam dunia fotografi, saya harus kreatif dalam mengambil sebuah gambar dari segi pencahayaan, angle, timing,hingga editinggambar.
  • Writing :Salah satu aktivitas yang membutuhkan kreatifitas tinggi bagi saya adalah menjadi seorang penulis. Kenapa seorang penulis harus kreatif? Karena banyak sekali materi dan bahan tulisan yang dapat mendukung sebuah tulisan supaya tulisan tersebut menjadi tulisan yang bagus dan diminati oleh pembaca.
  • Traveling : Bidang usaha baru yang saya kembangkan adalah bisnis yang bergerak di bidang traveling.Saya harus kreatif dalam membuat materi promosi dan membuat terobosan baru yang dapat bersaing dengan tour and travellainnya.

Dari kelima bidang bisnis yang saya jalani saat ini, sangat membutuhkan kreatifitas yang cukup tinggi bagi saya. Bagaimana cara saya dalam membangkitkan kreatifitas?  Yang pasti saya memiliki cara creative peoplezaman now untuk membangkitkan kreatifitas yang saya miliki.

Sub
Sub
Ketika saya ingin menambah wawasan, mengatur strategi, meningkatkan kreatifitas, dan memecahkan sebuah masalah, saya sangat membutuhkan sebuah stimulus untuk bisa menyelesaikan semua permasalahan tersebut.

Cara yang dilakukan oleh setiap orang berbeda-beda dalam menemukan sebuah rangsangan penyemangat dan kreatifitas. Saya pun memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan semangat dan membangkitkan kembali kreatifitas yang menurun.

Mendengarkan Musik dan Bernyanyi

Ketika saya kehilangan konsentrasi, maka secara tidak langsung tingkat kreatifitas yang saya miliki akan berkurang. Konsentrasi menurun disebabkan oleh stress, suasana hati, dan kondisi tubuh. Dengan mendengarkan musik dan bernyanyi, maka kreatifitas yang saya miliki menjadi lebih tinggi.

Manfaat Musik dan Bernyanyi
Manfaat Musik dan Bernyanyi
Mengerjakan sebuah projectdi depan laptop pun saya harus sambil mendengarkan musik dan bernyanyi. Apakah konsentrasi saya tidak terganggu? Jawabannya adalah tentu tidak.

Mencari Suasana Baru

Mencari suasana baru yang saya lakukan adalah suasana ketika saya sedang berhadapan dengan laptop. Mengerjakan sebuah project hanya di satu tempat saja dapat membuat seseorang menjadi jenuh dan buntu. Maka dari itu, saya sering mencari suasana baru dalam mengerjakan sebuah project.

Tempat saya mengerjakan sebuah project adalah kamar saya, tetapi ketika saya sudah mulai merasa jenuh, saya akan pergi ke sebuah cafe atau tempat publik yang ramai. Kenapa demikian? Karena bagi saya, melihat lalu lalang orang lain sudah cukup membuat saya mendapatkan inspirasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2