Mohon tunggu...
Jimmy S Harianto
Jimmy S Harianto Mohon Tunggu... Jurnalis - Mantan Redaktur Olahraga dan Desk Internasional Kompas

Redaktur Olahraga (1987-1993), Wakil Redaktur Opini dan Surat Pembaca (1993-1995), Redaktur Desk Hukum (1995-1996), Redaktur Desk Features dan Advertorial (1996-1998), Redaktur Desk Internasional (2000-2003), Wakil Redaktur Kompas Minggu (2003-2008), Redaktur Desk Internasional (2008-2012)

Selanjutnya

Tutup

Raket Artikel Utama

Kontroversi Djokovic ke Toilet Tanpa Izin

27 Januari 2023   07:51 Diperbarui: 28 Januari 2023   18:30 1015
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, menantang Rafael Nadal dalam partai final French Open 2020. (Foto: Getty Images via AFP/JULIANN FINNEY via kompas.com)

Persis setahun lalu juara sembilan kali Australia Open Novak Djokovic menuai kontroversi atas kasus deportasi karena tidak vaksin Covid. Kali ini berkecamuk kontroversi lagi gara-gara petenis nomor satu dunia ini dinilai menyelinap ke kamar mandi tanpa izin wasit.

Peristiwa ini terjadi pada pertandingan pertama ketika unggulan teratas Australia Terbuka ini berhadapan dengan petenis Spanyol Roberto Carballes Baena. 

Peristiwa kecil ini diributkan oleh televisi sports terbesar Eropa, Eurovision dalam cuitannya di media sosial: Djokovic ambil waktu istirahat ke kamar mandi meski dilarang wasit...

Cuitan Eurosport ini menjadi rame hari berikutnya. Bahkan juga masih rame, sampai Djokovic lolos dari perempat final, dan di semifinal Jumat (27/02/2023) ini berhadapan dengan petenis tak diunggulkan, Tommy Paul dari Amerika Serikat.

Djokovic sangat dijagokan juara untuk kesepuluh kalinya di Australia Terbuka kali ini, setelah melihat kehebatannya menyingkirkan petenis unggulan kelima dari Rusia, Andrey Rublev tiga set langsung 6-1, 6-2, 6-4 di perempat final tanpa perlawanan berarti. 


Rublev bukan termasuk petenis yang mudah dikalahkan, dan ternyata ditundukkan dengan gampang oleh petenis Serbia itu.

Ketika melawan Roberto Carballes Baena di babak pertama lalu, terlihat Djokovic berlari keluar lapangan pada set pembuka untuk "ambil istirahat" di kamar mandi lebih awal setelah berdiskusi singkat dengan wasit wanita, Aurelie Tourte dari Perancis. 

Wasit Aurelie kemudian terlihat memegang alat komunikasi handie-talkie dan nampak berbicara dengan operator atau wasit kehormatan di stadion, saat Djokovic ke kamar mandi.

Dalam peraturan resmi pertandingan turnamen akbar seri Grand Slam Australia Terbuka, Perancis Terbuka, Wimbledon maupun Amerika Serikat Terbuka, pemain hanya boleh ambil waktu istirahat ke kamar mandi (untuk ganti baju basah, ke belakang atau sekitar lima menit bisa rehat di kamar ganti) jika pertandingan memasuki pertarungan panjang set kelima.

Eurosport, stasiun televisi terbesar Eropa yang menyiarkan hampir setiap cabang olahraga utama dunia, pun menulis cuitan di medsos: "Novak Djokovic menentang wasit untuk ambil istirahat kamar mandi lebih awal dalam pertandingan pertamanya di Australia Terbuka," bunyi twit tersebut. Sembari diberi emoji ekspresi mata...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun