Mohon tunggu...
Jimmy Prayoga
Jimmy Prayoga Mohon Tunggu... mahasiswa

Mahasiswa jurusan guru bimbingan konseling.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Asas dalam Pengaplikasian Pendidikan dan Usaha di Masa Pandemi yang Tidak Melupakan Protokol Kesehatan

5 Agustus 2020   22:39 Diperbarui: 5 Agustus 2020   22:59 65 1 0 Mohon Tunggu...

Dengan adanya penyebaran Covid-19 ini terdapat banyak dampak yang dialami para individu, yaitu dampak yang terjadi di lingkungan ekonomi, social, sekolah, dan lain sebagainya. Banyak para pekerja yang kehilangan pekerjaannya dan bahkan banyak yang menjadi pengangguran. Penyebaran Covid-19 ini sangat banyak membuat para rugi orang -- orang termasuk para tenaga pendidik yang tidak bisa mendidik siswa siswinya secara langsung. 

Dengan adanya pandemi seperti ini siswa harus belajar di rumah dengan menggunakan Daring yang memanfaakan grup via whatsapp, dimana para guru yang harus mengirimkan tugas melalui grup tersebut. 

Dengan menggunakan pembelajaran Daring ini banyak sekali kendala yang dialami oleh peserta didik, kendalanya ialah paket internet dan tidak memiliki android. Kendala tersebutlah yang menyulitkan para peserta didik untuk belajar, banyak orang tua siswa yang mengeluh karena setiap bulannya harus membeli paket internet. 

Di masa pandemi ini, banyak individu yang mengalami kehilangan pendapatannya, dan kehilangan pekerjaannya. Disalah satu sisi ada beberapa jenis usaha yang dapat dilakukan secara online dimasa pandemi global ini. 

Contohnya seperti yang sekarang ini viral yaitu seperti budidaya ikan cupang. Dimana dalam pembudidayaan ikan cupang tidak memerlukan lahan yang luas cukup sederhana saja, dan dalam sector modal tidak terlalu mahal. 

Dan ikan cupang itu sangat mudah dibudidayakan, pakan yang diberikan ikan cupang bisa seperti pelet, jentik nyamuk, dan cacing sutra. Dimana bahan tersebut sangat mudah didapatkan dengan gratis di lingkungan sekitar. 

Walaupun jika membeli harga cukup relatif murah dan dari sektor penjualan ikan cupang memiliki daya jual yang cukup tinggi dipasaran. Hal ini bisa menjadikan salah satu usaha sampingan di masa pandemic Covid-19 ini guna keberlangsungan hidup. 

Walaupun usaha sudah di rumah saja, tetapi jangan lupa untuk memperhatikan langkah -- langkah yang diberikan oleh protokol kesehatan antara lain :

Social distancing

Social distancing mengarah pada menjauhi dan menghindari kontak langsung dengan orang lain guna menghindari penyebaran virus Covid-19 ini. Social distancing merupakan salah satu langkah yang dapat digunakan untuk meminimalisir risiko penularan dan penyebaran virus. Dengan adanya social distancing in semakin kecil kemungkinan resiko penularan. Namun demikian, realita di lapangan tidak memungkinkan seluruh elemen masyarakat untuk melakukan social distancing dan work from home. Kita tahu bahwa setiap orang memiliki tuntutan dan kewajiban yang harus dikerjakan.

Biasakan untuk mencuci tangan setelah beraktivitas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x