Jimmy Koby
Jimmy Koby Swasta

Menulis untuk berbagi, itu saja :)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Waspada Perubahan Cuaca di Kota Kupang

12 Juli 2018   19:03 Diperbarui: 12 Juli 2018   19:07 308 2 1
Waspada Perubahan Cuaca di Kota Kupang
(sumber foto:http://mentalfloss.com)

Indonesia adalah merupakan salah satu Negara yang mengalami 2 musim sepanjang tahun kalender. Musim yang dialami sepanjang tahun yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Di NTT misalnya, musim penghujan biasanya terjadi di awal bulan November hingga awal maret. Sedangkan bulan-bulan berikutnya adalah musim kemarau.

Di Kupang khususnya selain dua musim tersebut juga mengalami musim Pancaroba. Pancaroba adalah masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. 

Disebut musim karena masa peralihan ini cukup lama. Biasanya hanya terjadi di bulan Maret hingga April, namun di Kupang bisa berlangsung hingga bulan Agustus bahkan September. Musim ini ditandai dengan angin yang kencang, dan suhu di malam hari yang cukup dingin. Hal ini di pengaruhi oleh cuaca dari Australia dimana lokasi Kota Kupang atau Pulau Timor yang cukup berdekatan dengan Australia.

Cuaca ini dapat berakibat buruk untuk kesehatan. Suhu yang panas di siang hari kemudian tiba-tiba menjadi dingin di malam hari membuat tubuh menjadi gampang diserang penyakit seperti flu atau batuk. Untuk itu menjaga tubuh agar tetap bugar di cuaca seperti ini menjadi sebuah keharusan untuk dapat menjalani hari yang penuh kesibukan dengan tubuh yang tetap terjaga.

Salah satunya adalah dengan menjaga tubuh agar tetap hangat di malam hari yang dingin. Luangkanlah waktu sejenak untuk berolahraga. Lari-lari kecil atau berjalan kaki selama 30 menit cukup untuk membuat tubuh tetap fit di pagi hari.  Jangan sering begadang apalagi disaat sekarang sedang berlangsungnya Piala Dunia. Kurangi minum kopi dan banyak minum air putih. Bila perlu konsumsilah Vitamin.