Jimmy Haryanto
Jimmy Haryanto pegawai negeri

Pecinta Kompasiana. Berupaya menjadi pembelajar yang baik, namun sering merasa malu karena belum bisa berbuat yang berarti untuk bangsa dan negara. Walau negara sedang dilanda wabah korupsi, masih senang sebagai warga. Cita-cita: agar Indonesia bisa kuat dan bebas korupsi; seluruh rakyatnya sejahtera, cerdas, sehat, serta bebas dari kemiskinan dan kekerasan. Prinsip tentang kekayaan: bukan berapa banyak yang kita miliki, tapi berapa banyak yang sudah kita berikan kepada orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Hattrick Messi Antarkan Argentina ke Piala Dunia 2018!

11 Oktober 2017   09:11 Diperbarui: 12 Oktober 2017   08:19 1824 6 4

Pertandingan antara Argentina dan Ecuador di kandang Ecuador sangat penting bagi Argentina. Saat turun lapangan Argentina berada di urutan ke-enam dan hanya empat tim yang langsung lolos. Argentina hanya berharap bisa tampil di urutan ke lima untuk bisa bersaing dengan tim Oceania.

Baru berjalan satu menit tuan rumah Ecuador sudah berhasil membobol gawang Argentina lewat kaki Romario Ibarra. Ketinggalan satu gol ternyata tidak menyurutkan semangat timnas Argentina.

Bintang Argentina Lionel Messi tampil memukau dan satu gol berhasil dilesakkan kaki kirinya pada menit ke-11 sehingga kedudukan 1-1. Para pendukung Argentina mulai menaruh harapan.

Ternyata Messi yang bermain di klub Barcelona itu kembali menjaringkan gol kedua pada menit ke-18; juga dengan kaki kirinya sehingga kedudukan menjadi 2-1. Bumi Argentina seperti tersihir dengan teriakan penyiar televisi: "Hidup sepak bola, hidup Messi, hidup Argentina."

Apalagi Messi kemudian melesakkan gol pada menit ke-68; kali ini dengan kaki kanannya sehingga menciptakan hattrick dan kedudukan akhir 3-1; dan Argentina dipastikan ikut Piala Dunia 2018 di Rusia dengan berada di urutan ketiga.

Pertandingan di zona Amerika Latin yang berlangsung pada waktu yang sama sungguh menunjukkan sportivitas yang tinggi. Brasil yang sudah duluan lolos, tidak bermain-main dengan menundukkan Chile 3-0 sehingga juara Copa Amerika itu tersisih dari Piala Dunia karena kalah selisih gol dengan Peru. 

Peru akan bertanding melawan Selandia Baru untuk merebut satu tempat ke Piala Dunia.

Sementara Colombia dan Peru bermain sama kuat 1-1 dan Colombia berada di urutan ke empat dan lolos ke Piala Dunia Rusia 2018.

Uruguay berada di urutan kedua setelah menundukkan Bolivia 4-2.

Venezuela berhasil menundukkan tuan rumah Paraguay 1-0.

Semoga kita di Indonesia tidak hanya penonton abadi Piala Dunia. Jika PSSI mau sungguh-sungguh pasti bisa. Piala Dunia 2022 harus disiapkan mulai sekarang PSSI, dan harus ada terobosan baru. Jangan seperti yang sudah-sudah seperti selama ini yang hanya gugur di babak pendahuluan.

Urutan akhir penyisihan Piala Dunia 2018 zona Amerika Latin:

1. Brazil

2. Uruguay

3. Argentina

4. Colombia

5. Peru

6. Chile

7. Ecuador

8. Paraguay

9. Bolivia

10. Venezuela