Mohon tunggu...
Jimmy Haryanto
Jimmy Haryanto Mohon Tunggu... Ingin menjadi Pembelajaryang baik

Pecinta Kompasiana. Berupaya menjadi pembelajar yang baik, karena sering sedih mengingat orang tua dulu dibohongi dan ditindas bangsa lain, bukan setahun, bukan sepuluh tahun...ah entah berapa lama...sungguh lama dan menyakitikan….namun sering merasa malu karena belum bisa berbuat yang berarti untuk bangsa dan negara. Walau negara sedang dilanda wabah korupsi, masih senang sebagai warga. Cita-cita: agar Indonesia bisa kuat dan bebas korupsi; seluruh rakyatnya sejahtera, cerdas, sehat, serta bebas dari kemiskinan dan kekerasan. Prinsip tentang kekayaan: bukan berapa banyak yang kita miliki, tapi berapa banyak yang sudah kita berikan kepada orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Hari Ini Anak Indonesia Tampil di CNN!

4 Mei 2016   05:46 Diperbarui: 4 Mei 2016   07:06 0 1 1 Mohon Tunggu...

Apa biasanya yang ditampilkan CNN tentang Indonesia? Kalau tidak bencana alam biasanya kecelakaan yang menelan korban (CNN effects). Namun hari ini televisi CNN menampilkan berita tentang prestasi dan penampilan seorang anak berusia 12 tahun bernama Joey Alexander kelahiran Bali.

Apa yang istimewa dengan anak itu? Hari Jumat lalu, 27 April 2016 dia tampil di hadapan presiden Barack Obama bersama bandnya yang diisi orang-orang dewasa.

Foto Joey Alexander, anak berusia 12 tahun yang tampil di CNN hari Selasa, 3 Mei 2016 pukul 13.00 (23.00 WIB) (Sumber: pribadi dan CNN).

Joey Alexander merupakan pemain piano berbakat luar biasa. Awalnya belajar dari ayahnya yang juga pemian jazz, ternyata dengan belajar sendiri (otodidak) Joey bisa mengembangkan dirinya luar biasa. Tidak heran pada tahun 2016 dia dicalonkan untuk menerima penghargaan musik bergengsi di AS Grammy Award dalam dua kategori. Walaupun dia tidak menang, tapi dia diminta memainkan piano saat itu.

Para pengamat mengatakan waktu Joey masih panjang, dan mengatakan masih bisa mengembangkan dirinya di masa mendatang. Namun dunia jazz boleh berbangga karena sudah memiliki anak muda asal Indonesia yang kini tinggal di New York dan bermain piano.

Dalam wawancara yang fasih dalam bahasa Inggris, Joey mengatakan bahwa dia dapat mengekspresikan diri dengan bebas ketika memainkan piano. Berita ini cukup menggembirakan apalagi setelah munculnya verita tentang 25 ribu anak yang menonton video porno yang akhirnya terlibat kekerasan dan tindak pidana, atau berita negatif lainnya tentang bullying yang dilakukan siswa kelas XII SMA 3 Jakarta terhadap adik kelasnya.

Mungkin ada baiknya kalau Presiden Jokowi mengundangnya main piano di istana dan penampilannya dapat disiarkan oleh televisi kita agar ditonton para anak muda. Ternyata anak-anak muda Indonesia memiliki talenta luar biasa dan kalau dibarengi dengan upaya dan semangat belajar yang tinggi akan menjadi orang hebat seperti Joey.