Mohon tunggu...
Andri S. Sarosa
Andri S. Sarosa Mohon Tunggu... Insinyur - Instruktur, Trainer, Konsultan Sistem Manajemen + Bapak yang bangga punya 5 Anak + 1 Istri

Insinyur lulusan Usakti

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Dendam STY Dilunasi Son Heung-min

3 Februari 2024   07:26 Diperbarui: 3 Februari 2024   08:50 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: AP Photo/Thanassis Stavrakis

Dendam Shin Tae-young (STY) atas kekalahan Timnas Garuda dari Australia di Piala Asia 2023 terbayar lunas ketika Timnas Korea Selatan, negara asal STY, berhasil menyingkirkan si pembunuh Indonesia itu dengan skor 2-1.

Pertandingan yang tidak mudah, perlu 120 menit bagi tim Taeguk Warriors itu untuk menyingkirkan the Socceroos setelah sempat tertinggal lebih dahulu sejak menit ke 42.

Adalah sang kapten Son Heung-min yang berperan sebagai aktor penting dari dua gol kemenangan Korea Selatan.

Tusukan Son di kotak pinalti Australia berbuah pelanggaran yang menghasilkan pinalti pada menit krusial 90+6 dan dieksekusi dengan baik oleh Hwang Hee-chan. Selamatlah Korea Selatan dari kekalahan dalam pertandingan 90 menit.

Gol kedua di menit ke 104 babak perpanjangan waktu dicetak oleh Son melalui tendangan bebas yang indah. Dan akhirnya gawang Australia pun kebobolan 2 gol setelah dalam 4 pertandingan mencetak clean sheet, sekaligus membuat Timnas Australia harus angkat koper.

Kemenangan Korea Selatan atas raksasa sepakbola Asia ini, bisa jadi membuka mata PSSI apakah akan mencari pelatih asal Jerman untuk menggantikan STY jika negosiasi perpanjangan kontrak STY menemui jalan buntu? Sebab Timnas Korea Selatan saat ini ditangani oleh legenda Jerman Juergen Klinsmann.

Ibarat kate.. daripada kontrak pelatih dari Kantor Cabang, mendingan kontrak pelatih langsung dari Kantor Pusat yang bisa dicarikan dengan mudah oleh Direktur Teknik PSSI (atau belum resmi ya?) Frank Wormuth.

Sedangkan bagi STY, mungkin berpikir apakah perlu melakukan naturalisasi pemain asal Korea Selatan agar permainan lebih agresif dengan semangat juang tinggi hingga menit-menit akhir pertandingan?

Eh tapi tunggu dulu.. Indonesia sudah memiliki pemain keturunan asal Korea Selatan lho. Dia adalah Ji Da-bin yang masih berusia 17 tahun.

Sumber gambar: transfermarkt.com
Sumber gambar: transfermarkt.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun