Mohon tunggu...
Jimin Andri Sarosa
Jimin Andri Sarosa Mohon Tunggu... Bapak yang bangga punya 5 Anak + 1 Istri

Insinyur lulusan Usakti

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Dilema Formula E, antara Olahraga dan Politik

3 Februari 2020   16:03 Diperbarui: 3 Februari 2020   16:13 108 2 0 Mohon Tunggu...
Dilema Formula E, antara Olahraga dan Politik
sumber: kompas.com

FIFA (dari bahasa Prancis: Federation Internationale de Football Association) - Federasi Sepak Bola Internasional punya aturan pada statuta (pasal) 13, 14 dan 17 yang melarang adanya intervensi pemerintah setempat ke dalam organisasi sepak bola yang menjadi anggota FIFA, dalam hal ini PSSI.

Mengapa?

Jawabannya sederhana karena sepak bola adalah olah raga, sedangkan pemerintah adalah lembaga politik. FIFA berpendapat bahwa jika olahraga dicampur dengan Politik maka hasilnya akan runyam, ibarat kata hasil pertandingan (khawatir) bisa dinegosiasikan sesuai kesepakatan ala politik. Itulah mengapa keanggotaan PSSI dibekukan oleh FIFA karena campur tangan pemerintah beberapa tahun yang lalu.

Lalu bagaimana dengan balapan Formula E?

Balap Formula E adalah olahraga!
Olahraga? ... itu kan peran utamanya mobil, mana ada unsur olahraganya?

Nah perlu diketahui bahwa orang yang mengendarai mobil tersebut, biasa disebut pembalap, perlu rutin melakukan aktivitas olahraga sebelum pertandingan balap mobil berlangsung karena stamina dan konsentrasi seorang pembalap akan terkuras selama balapan. Tanpa stamina yang prima, tidak mungkin menghasilkan kemenangan.

Lalu bagaimana dengan Formula E yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI?

Ini seharusnya mengacu pada klausul FIFA di atas, Pemerintah dilarang ikut campur menangani olahraga (baca: balapan), karena hasilnya ribut melulu kan?!

Ribut-ribut soal biaya penyelenggaraan yang konon diambil dari dana APBD, banjir Jakarta juga dikait-kaitkan dengan penyelenggaraan balap Formula E lalu ribut soal persiapan sirkuit di Monas dengan dalih revitalisasi.

Sirkuit Monas untuk Formula E? Iya, itu bocoran dari berbagai sumber misalnya fox sport.co.id dan website resmi Formula E.
Sirkuit adalah bagian terpenting dalam penyelenggaraan balapan, di manapun di dunia ini, lay out sirkuit sudah beredar paling tidak 1 tahun sebelum balapan berlangsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN