Mohon tunggu...
Jihan Rahmasari
Jihan Rahmasari Mohon Tunggu... Writer

SEO

Selanjutnya

Tutup

Film

Impact Hallyu Membuat Rebel Wilson Ingin Jadi Sutradara Film K-Pop

17 Mei 2021   17:28 Diperbarui: 17 Mei 2021   17:44 51 2 0 Mohon Tunggu...

Korea Selatan semakin menunjukkan eksistensinya di ranah internasional. Industri hiburan Korea Selatan berhasil bertahan selama 2 dekade terakhir. Tidak hanya dicintai oleh masyarakat Asia, belahan benua lainnya juga ikut merasakan demam Hallyu hingga detik ini. 

Setelah film Parasite menang Best Picture di OSCARs 2020, boy group BTS turut tampil dan berhasil masuk dalam jejeran nominasi GRAMMYs 2021. Dua ajang penghargaan bergengsi ini cukup membuktikan bahwa popularitas Korean Wave di mata internasional sudah sangat luas dan berpengaruh. 

Dalam memperluas pengaruhnya, agensi-agensi besar di Korea Selatan seperti SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment bahkan melakukan kolaborasi dengan penyanyi western. Seperti girl group BLACKPINK yang telah berkolaborasi dengan Dua Lipa, Selena Gomez, Lady Gaga, dan yang terbaru adalah rapper Cardi B. 

Tak sedikit pula para idol K-Pop ikut menandatangani kontrak eksklusif dengan label Amerika Serikat. Dijuluki nation's girl group generasi ketiga, TWICE melakukan ekspansi ke Amerika dengan menjalin kerja sama strategis bersama Republic Record, label yang juga menaungi penyanyi papan atas Taylor Swift.

Bergeser dari industri musik, dunia perfilman atau yang tak kalah populer dengan demam drama Korea (drakor) juga menarik jumlah penonton dalam jumlah besar. Film Korea Parasite karya Bong Joon Ho bahkan dijadikan drama spin-off oleh sutradara Adam McKay dan siap tayang di platform streaming HBO dalam beberapa bulan ke depan. Marvel Studios juga tertarik untuk menggaet aktor veteran Korea Selatan seperti Ma Dong Seok untuk bergabung dalam film Eternals. Tak tanggung-tanggung, sang aktor bahkan ikut memproduseri series TV Amerika yang diadaptasi dari drama Korea 'Trap' berjudul The Club.

Sejalan dengan aktor Ma Dong Seok, aktris multitalenta Rebel Wilson mulai memberanikan diri untuk berkiprah di industri perfilman Korea. Dilansir dari media Sports Chosun pada 17 Mei, pemeran Fat Amy dalam film hits Pitch Perfect ini akan melangsungkan debutnya sebagai sutradara untuk film bertema K-Pop. Wilson sendiri saat ini tengah mempersiapkan diri bersama dengan Kim Young Il sebagai penulis naskahnya. Masih dalam sumber yang sama, dikatakan bahwa Rebel bersiap menggelar audisi akhir tahun ini.

Dari sinopsisnya, film ini mungkin akan menjadi Pitch Perfect Korean version. Film besutan Rebel Wilson berjudul 'Seoul Girls' ini berkisah tentang seorang siswi SMA yang memiliki garis keturunan Korea-Amerika. Bersama dengan teman-temannya, ia membentuk sebuah girl group untuk bisa mengikuti kompetisi menjadi opening di konser boy group terbaik se-dunia.

Untuk kamu yang belum nonton Pitch Perfect, film ini menggambarkan perjalanan sekelompok wanita yang tergabung dalam grup acapella bernama The Bellas di Barden University. Dipimpin oleh Beca (Anna Kendrick), Fat Amy (Rebel Wilson), Aubrey (Anna Camp), dan Chloe (Brittany Snow), The Bellas menghadapi berbagai rintangan mulai dari kompetisi lokal hingga internasional mewakili Amerika. Tak hanya memperlihatkan sisi persahabatan, bumbu romansa juga disematkan dalam film trilogi ini.

Tentu saja dengan pengalaman dan kemampuan Rebel Wilson dalam penyutradaraan menjadi fokus perhatian para penikmat film, terlebih ia dengan yakin mencoba peruntungan di ranah Hallyu, dengan memanfaatkan momentum demam K-Pop yang sedang menjadi sorotan publik. Berita ini bahkan sudah muncul sejak tahun 2019 lalu, sehingga dapat diasumsikan bahwa Rebel Wilson benar-benar matang dalam meriset budaya Korea Selatan sebelum memulai produksinya tahun 2022 mendatang. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x