Mohon tunggu...
Jihan EkaRizky
Jihan EkaRizky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Parodi Ilmu Komunikasi

lifestyle, traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Crop Top Masih Menjadi Tren Fashion di Tahun 2022

4 Juni 2022   22:56 Diperbarui: 4 Juni 2022   22:58 157 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Modest fashion adalah bentuk fashion yang menekankan pada konsep kesopanan. Sebagai fenomena budaya, pemahaman tentang konsep mode sederhana sangat beragam. melalui program ini orang menghasilkan praktik, persepsi, dan mengevaluasinya. Busana crop top adalah gaya busana yang bila dikenakan memperlihatkan bagian tubuh tertentu, terutama pinggang dan perut. Fashion ini pertama kali populer pada tahun 1983 dan crop top menjadi salah satu trend fashion yang memberikan kesan cantik dan elegan saat digunakan untuk pakaian jalan-jalan.  Nah, jadi kapan sih kira-kira trend crop top ini digemari kembali? trend crop top yang populer  pada tahun 90an ini kembali di gemari pada tahun 2008 hingga saat ini tepatnya pada tahun 2022.

Crop top merupakan fashion item sederhana. Artinya setelah dibawa ke panggung musik juga digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, banyak influencer yang menggunakannya. Meski begitu, crop top ini adalah trend yang belum tentu cocok untuk semua orang. Anda membutuhkan keberanian dan kepercayaan diri yang tinggi untuk mengenakan crop top ini. Gaya busana crop top ini sangat cocok untuk musim panas. Ia merupakan produk sejarah yang terbentuk dari interaksi manusia dalam ruang dan waktu tertentu dengan masyarakat setelah lahir. Agar terlihat effortless dan stylish, Anda membutuhkan mix and match yang tepat. Artinya, tampilan tidak terlalu banyak atau lebay. Sebagian besar crop top menjadi bagian dalam atau bagian dalam di atas pakaian luar atau luar seperti kemeja, kardigan, blazer, jaket jeans, dll. 

Kemudian, disini saya ingin menggabungkan trend fashion crop top dengan teori habitus. Teori habitus atau teori Pierre Bordieu    adalah produk sejarah yang terbentuk dari interaksi manusia dengan masyarakat dalam ruang dan waktu tertentu setelah lahir. Habitus juga bisa desebut sebagai kebiasaan. Kebiasaan diri kita ini dapat kita lihat dalam tingkah laku dan tindakan yang dilakukan, misalnya masyarakat Indonesia terbiasa dengan pakaian minimalis seperti trend crop top, penggunaan rok pendek bahkan celana sobek. Sekarang, kita bisa melihat bagaimana kebiasaan ini begitu mendarah daging sehingga menjadi kebiasaan pengulangan yang terus-menerus. Oleh karena itu, kita dapat mengembangkan kebiasaan kita sendiri tanpa menyadarinya. Saat itulah kami melihat bahwa banyak orang tertarik pada nilai menggunakan trend fashion crop top sebagai kebiasaan yang telah lama mengakar.

Daftar Pustaka 

ELASALAMA, N. (2019). Modest Fashion dalam Tinjauan Teori Praktik Pierre Bourdieu (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada). 

Sari, N. S. (2015). "KOREAN FASHION STYLE"(Praktik Sosial Pola Berpakaian Pengguna Korean Style di Surabaya). Paradigma, 3(3).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan