Mohon tunggu...
Jidan Nasrulloh
Jidan Nasrulloh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI

Hallo semoga informasi yang ada di blog ini bermanfaat :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKNT UPI 2021:Pembuatan Program Unggulan Pojok Belajar untuk Melaksanakan Pendampingan Siswa Belajar Daring SDN Cipaku 01

28 Juli 2021   16:44 Diperbarui: 30 Juli 2021   16:08 57 1 0 Mohon Tunggu...

Pembuatan Program Pojok Belajar di SDN Cipaku 01

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan melaksanakan program KKN Tematik untuk mahasiswa semester 7 dan mahasiswa yang belum KKN Tematik di semester sebelumnya. Pihak LPPM UPI akan melaksanakan program KKN Tematik secara dua gelombang yaitu gelombang pertama pada bulan juli dan gelombang kedua bulan agustus. 

Mahasiswa yang terpilih di gelombang satu akan melaksanakan KKNT selama satu bulan yaitu bulan juli, sedangkan mahasiswa yang melaksanakan KKNT gelombang dua akan dilaksanakan satu bulan juga yaitu bulan agustus. 

Pihak LPPM UPI menngusung judul program Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomo dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MDBPE-MBKM). 

Terdapat dua program yang bisa mahasiswa pilih yaitu program pendidikan dan program ekonomi. Terkhusus untuk program pendidikan terdapat sembilan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa dan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan adalah membuat program unggulan yang belum ada di kegiatan dari LPPM UPI yang nantinya harus dibuat Book Chapter atau laporan penelitian yang hasil datanya dari pelaksanaan program unggulan tersebut.

Pada hari jum'at 23 juli 2021, tim mahasiswa KKNT SDN Cipaku 01 memulai untuk membuat program unggulan yaitu membuat "Pojok Belajar". Kami terlebih dahulu meminta izin kepada Bapak Sekolah SDN Cipaku 01 untuk membuat program tersebut. Setelah Kepala Sekolah memberikan izin untuk membuat program pojok belajar, tim KKNT SDN Cipaku 01 langsung menuju ruangan yang akan dijadikan sebagai pojok belajar. 

Ruangan yang digunakan untuk melaksanakan program unggulan ini yaitu berada di ruangan perpustakaan sekaligus mencipatkan suasana bahwa pentingnya untuk membaca dan pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan ilmu-ilmu baru yang akan sangat berguna untuk masa depan. Suasana ruangan perpustakaan yang tim mahasiswa KKNT SDN Cipaku 01 pertama kali jumpai itu kurang terawat, buku kurang tertata dan masih banyak sampah yang berserakan.

Setelah melihat suasana ruangan perpustakaan yang demikian, tim mahasiswa KKNT SDN Cipaku 01 langsung merencanakan konsep dan desain yang akan dijadikan sebagai pojok belajar. Lumayan banyak bahan dan alat yang dibutuhkan untuk melaksanakan program pojok belajar, tim mahasiswa KKNT SDN Cipaku 01 langsung membuat hiasan-hiasan dan kerajinan tangan yang akan ditempelkan di dinding pojok belajar.

Kegiatan awal tim mahasiswa KKNT SDN Cipaku 01 lakukan di ruangan perpustakaan untuk melaksanakan program pojok belajar adalah membersihkan ruangan, menata buku-buku, dan lemari supaya ruangan terlihat lebih luas. Pojok belajar yang kami pilih berada di dekat pintu, karena dinding yang cocok dan juga supaya mudah untuk mobilisasinya. 

Mebutuhkan waktu yang cukup lama untuk membersihkan dan menata ruangan perpustakaan, karena banyak sekali kotoran dan banyak buku-buku yang sudah lama tidak terpakai menumpuk di perpustakaan. Kami melakukan kegiatan ini dari pukul 08:00 sampai dengan pukul 17:00 WIB.

Keesokan harinya pada pukul 08:00 WIB  tim mahasiswa KKNT SDN Cipaku 01 sudah berada di sekolah. Kegiatan yang kami lakukan adalah menghias dinding dengan cara yang pertama dilakukan adalah mengecat dinding yang akan dijadikan sebagai pojok belajar. Dibutuhkan dua kali pengecatan supaya warna cat terlihat lebih jelas dan bagus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN