Mohon tunggu...
Mikhael J. Sesa
Mikhael J. Sesa Mohon Tunggu... Pemula

Menulis dengan kerendahan hati, untuk kasih dan informasi.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Siapakah Mesias?

2 Januari 2020   23:00 Diperbarui: 2 Januari 2020   23:24 187 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapakah Mesias?
(sumber : https://ilovememphisblog.com/event/the-memphis-messiah/)

Siapakah Mesias ?

Untuk menjawab pertanyaan siapakah yang disebut mesias ini, kita harus memahami terlebih dahulu arti dari kata mesias itu sendiri. Kata mesias berasal dari bahasa ibrani yang dapat diartikan sebagai "yang diurapi".

Bangsa yahudi percaya bahwa akan datang seorang mesias yang mereka yakini akan membawa mereka keluar dari penindasan kekaisaran roma dan dapat membawa mereka kepada kejayaan masa lalu seperti saat raja daud memerintah sebagai raja.  dengan kata lain mesias merupakan penyelamat yang dinantikan bangsa yahudi atau juruselamat.

Dalam perjanjian lama terdapat ayat yang memberi penjelasan tentang mesias sang juruselamat :  

Yesaya 60:15-16

(15) Sebagai ganti keadaanmu dahulu, ketika engkau ditinggalkan, dibenci dan tidak disinggahi seorangpun, sekarang Aku akan membuat engkau menjadi kebanggaan abadi, menjadi kegirangan turun-temurun. (16) Engkau akan mengisap susu bangsa-bangsa dan akan meminum susu kerajaan-kerajaan maka engkau akan mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Juruselamatmu, dan Penebusmu, Yang Mahakuasa, Allah Yakub.

Ayat dalam perjanjian lama terebut menegaskan bahwa hanya Tuhan yang dapat menyelamatkan kita umatnya, dan dalam perjanjian baru telah digenapi oleh Yesus Kristus Tuhan bahwa Yesus adalah Mesias Juruselamat kita.

Matius 1:21-23

(21) Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." (22) Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: (23) "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" -- yang berarti: Allah menyertai kita.

Yohanes 4:25-26

(25) Jawab perempuan itu kepada-Nya: "Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga Kristus; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami." (26) Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN