Lingkungan Pilihan

Simbiosis Mutualisme Jagung dan Kedelai Penanaman Hemat Pupuk

15 September 2018   07:45 Diperbarui: 16 September 2018   22:09 352 14 5
Simbiosis Mutualisme Jagung dan Kedelai Penanaman Hemat Pupuk
jagung5-5b9c87a3ab12ae7edb593f72.jpg



Siapa sih yang tidak tau dengan tanaman jagung dan kacang kedelai. Pasti nama tanaman ini sudah tidak asing di telinga orang indonesia khususnya bagi para petani di indonesia. Jagung yang mempunyai nama latin Zea Mays dan juga kacang kedelai yang mempunyai nama latin Glycine Max ini sering ditanam didataran rendah. Didaerah Grobogan selain tanaman padi yang diunggulkan nama tanaman jagung dan kacang kedelai juga banyak ditanam oleh para petani. 

Khususnya di desa Penadaran kecamatan gubug tanaman yang diunggulkan adalah jagung , sedangkan kacang kedelai adalah sebagai pengisi celah celah yang biasanya terdiri 3 baris. Di desa penadaran meskipun masyarakatnya hanya sebagai buruh tani namun masyarakat di desa ini bisa memanfaatkan lahan dengan baik. Karna lahan yang mereka gunakan untuk bercocok tanam adalah lahan milik Perhutani.

Siapa coba yang nggak tau dengan tanaman jagung(Zea Mays) tanaman ini termasuk tanaman yang membutuhkan banyak air , karna air sangat membantu dalam pertumbuhan jagung . Seperti yang kita ketahui tanaman jagung merupakan tanaman yang serba guna , mulai dari biji, daun , candang(kuncung) dan klobot nya ini bisa dimanfaatkan semua . Yang sering kita temukan dalam bentuk makanan adalah jagung rebus , jagung bakar , jagung goreng (warneng) dan juga pop corn.

 Taukah kalian bahwa klobot jagung bisa digunakan untuk membungkus makanan contohnya adalah sebagai bungkus jenang klethik. Sedangkan daun dari tanaman jagung bisa digunakan untuk pakan ternak seperti sapi,kambing,dan kerbau namun daun yang digunakan untuk pakan ternak adalah daun yang masih muda. Hal yang bikin petani jagung sedih adalah harga dan hama tikus. Namun pada saat ini harga jagung relatif baik.

Sedangkan tanaman kacang  kedelai(Glycine Max) berbeda dengan tanaman jagung , karna tanaman kacang kedelai adalah tanaman yang membutuhkan banyak air dalam pertumbuhannya. Kacang kedelai juga mempunyai banyak manfaat khususnya pada buah kedelainya yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat bahan pangan seperti tempe,tahu,gembus, biasanya juga dijual dalam bentuk rebusan. Dan juga bisa dijadikan minuman contohnya adalah susu kedelai.

 Tempe dan tahu adalah makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat indonesia , selain harganya murah namun tempe dan tahu juga bermanfaat bagi tubuh kita karna banyak mengandung nutrisi. Sisa dari kacang kedelai dalam pembuatan tahu juga bisa digunakan untuk pakan ternak yaitu sebagai pakan babi. Biasanya petani kacang kedelai sedih karna kekurangan air dan hama ulat yang ada di dalam biji kacang yang menyebabkan kualitas kacang kedelai jelek . Meskipun harga kacang kedelai masih kalah dengan harga jagung namun kacang kedelai juga sangat dibutuhkan dalam hal pangan.

Lahan tanah yang digunakan oleh petani yang cocok untuk tupang sari jagung dan kedelai adalah sawah dan ladang. Sebelum ditanami petani biasanya mengolah tanah dengan menggunakan cangkul sebagai alat utama. Cangkul digunakan untuk membuat lubang untuk ditanami jagung , jarak antar lubang satu kelubang lainnya biasanya sekitar 10cm-20cm dengan kedalaman 5cm-10cm. Namun supaya tanahnya lebih subur para petani biasanya menambahkan pupuk kandang ke dalam lubang tersebut. Kemudian alat yang digunakan untuk membuat lubang tanaman kedelai adalah taju . Taju adalah alat yang terbuat dari kayu. 

Petani membuat lubang untuk menanam kedelai biasanya dengan jarak 5cm dan kedalaman 5cm juga. Petani menggunakan cangkul untuk mengolah tanah biasanya sebelum datangnya hujan , karena pada saat hujan turun tanah tersebut baru mengandung air dan baru bisa ditanami. Sedangkan taju biasanya digunakan untuk membuat lubang untuk tanah yang sudah basah , setelah lubang itu jadi barulah petani bisa menanam kacang kedelai. Setelah jagung mulai tumbuh tinggi sekitar 1 meter biasanya petani melakukan penyiangan terhadap tahah supaya kualitas tanahnya lebih baik.

Seperti yang kita ketahui , tanaman jagung dan kacang kedelai adalah penghasilan terbesar setelah padi di indonesia. Tupang sari jagung dan kacang kedelai ini biasanya digunakan pada lahan yang terbatas. Banyak petani yang tidak tau bahwa kacang kedelai mempunyai akar yang dapat mengikat nitrogen yang sangat dibutuhkan oleh jagung dalam proses pertumbuhan. Karena kandungan nitrogen dari kacang kedelai tersebut bisa membantu petani dalam hal pupuk. 

Jadi  para petani bisa menghemat pupuk dalam penanaman jagung. Namun jika ingin menghasilkan jagung yang berkualitas petani juga bisa menambahkan pupuk urea dan poska , karna pupuk tersebut sangat dibutuhkan jagung. Nah seperti itulah hubungan antara tanaman jagung dan kedelai , tumbuhan tersebut ternyata saling membutuhkan satu sama lain, salah satunya adalah kacang kedelai yang membantu jagung dalam proses pertumbuhan.