Mohon tunggu...
Jete Miranda
Jete Miranda Mohon Tunggu... Mahasiswa Sastra Inggris di Universitas Sebelas Maret

Iriananda Jete Miranda Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Sastra Inggris 2017 B0317051

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Press Release- KKN COVID-19 membawa pengalaman baru

6 Agustus 2020   00:15 Diperbarui: 6 Agustus 2020   01:16 29 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Press Release- KKN COVID-19 membawa pengalaman baru
foto-bersama-penduduk-linkungan-panggung-rejo-rt-2-rw-23-5f2aea0a097f3626fd3fae82.jpeg

                                                           

(Solo-6 Agustus 2020). Pandemi Covid-19 yang bermula di kota wuhan china tersebar dengan sangat pesat  ke seluruh dunia termasuk Indonesia , sebagai upaya untuk meminalisir penyebaran virus berbahaya ini, berbagai cara dilakukan salah satunya adalah  merubah cara bagaimana orang berinteraksi satu sama lain. Hal ini tentu berpengaruh ke bidang pendidikan seperti metode  kuliah kerja   nyata (KKN)  yang semula dilaksanakan secara berkelompok  berubah seketika menjadi  secara individual  dengan perantaraan media sosial seperti yang diterapkan di Universitas Sebelas Maret Solo (UNS). Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di Universitas Sebelas Maret selama masa pandemi covid-19 dilaksanakan secara bertahap yaitu dari tahap satu sampai tiga dengan beberapa bidang  yaitu:  kesehatan masyarakat, ketahanan ekonomi masyarakat, ketahanan pangan, pendidikan, penyusunan sistem infromasi serta supporting pemahaman masyarakakt.  Tujuan dari kegiatan ini ialah agar mahasiswa bisa turut serta membantu memutuskan mata rantai covid-19 dengan mengedukasi masyarakat untuk  tetap mematuhi protokol-protokol kesehatan  yang telah dianjurkan oleh pemerintah.  

           Setelah pembekalan dan pelepasan  kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) Covid-19   pada tanggal 2 Juli 2020 oleh  Gubernur Jawa Tengah, pak Ganjar Pranowo dan Rektor Universitas Sebelas Maret, prof. Jamal Wiwoho,  tepatnya pada tanggal 10 juli 2020 kegiatan kuliah kerja nyata  dengan tema "Supporting pemahaman masyarakat tentang COVID-19"  mulai dilaksanakan  di linkungan Panggung Rejo RT 2 RW 23 Jebres Solo Surakata. Kegiatan yang dilakukan secara mandiri   oleh mahasiswi  bernama "Iriananda Jete Miranda(B0317051) " dengan arahan dari  dosen pembimbing lapangan bapak  Agus Hari Wibowo M.A.,Ph.D, dilansungkan  selama 32  hari dengan 5 program kerja seperti mengedukasi masyarakat lewat video, poster, brosur, mengajar anak-anak dan aksi sosial. Keigatan-kegiatan  tersebut dilaksanakan baik secara online maupun secara lansung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan..

           Di awal pelaksanaan kegiatan ada rasa gelisah, resah  dan bingung  dipengaruhi  oleh  adanya virus berbahaya ini dan sebelumnya    kegiatan dengan metode seperti ini belum pernah dilakukan oleh relawan namum karena linkungan yang baik serta  dukungan dan   kerjasama  dari penduduk linkungan Panggung Rejo RT2 RW 23 membuat semua terasa ringan sehingga  kegiatan  bisa diselesaikan sesuai harapan meskipun ada beberapa kendala.  Tentu rasa bahagia dan senang sangat terasa setelah berhasil melaksanakan kegiatan ini karena bisa turut membantu masyarakat dalam menhadapi  wabah Covid-19. Selain itu hal lain yang sangat berkesan ialah kedekatan antara masyarakat dan relawan menjadi lebih dekat dari  yang sebelumnya  hanya tersenyum ketika tidak sengaja bertemu  kini sudah bisa mengenal satu sama lain dengan baik. Manfaat dari kegiatan ini juga dirasakan oleh mahasiwa relawan seperti yang sebelumnya tidak bisa membuat desain banner, brosur dan proses dalam mengedit  sebuah video kini  melalui kegiatan    ini relawan bisa mengetahui hal-hal tersebut.  Pengalaman dan pelajaran  yang mahasiswa relawan dapatkan tentu tidak sebanding dengan rasa senang dan bangga karena bisa mengedukasi masyarakat dengan informasi-informasi yang disampaikan untuk tetap menerapkan pola hidup sehat dan bersih disekeliling mereka.

Solo-Surakarta-Jawa Tengah

foto-pada-saat-membagikan-disinfektan-5f2af77cd541df5f2c4bd3b2.jpeg
foto-pada-saat-membagikan-disinfektan-5f2af77cd541df5f2c4bd3b2.jpeg

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x