Mohon tunggu...
Jessye Maria DeanneAwuy
Jessye Maria DeanneAwuy Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hello

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Mengenal Biota Laut: Paus Beluga, si Paus Kepala Melon

13 November 2020   00:52 Diperbarui: 13 November 2020   01:19 846 19 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Biota Laut: Paus Beluga, si Paus Kepala Melon
Sumber gambar: insideclimatenews.org

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan hewan paus beluga apabila kamu sudah menonton film Finding Dory yang dirilis pada tahun 2016. Paus beluga merupakan mamalia yang hidup di laut dan memiliki tubuh berwarna putih. Nama latin dari paus beluga adalah Delphinapterus leucas dan fitur yang paling menonjol dari hewan ini adalah kepala melon.

Deskripsi Umum

Paus beluga merupakan mamalia laut yang hidup secara bersamaan dan membentuk kelompok kecil yang sering disebut pods. Paus beluga memiliki massa tubuh berkisar dari 700 kg hingga 1,600 kg, panjang tubuh yang berkisar 2,6 m hingga 4,5 m. Paus beluga memiliki sifat yang sangat ramah dan komunikatif dengan memanfaatkan suara-suara whistles, clicks, dan clangs yang bisa mereka buat. Tidak hanya itu, paus beluga juga dapat mengikuti banyak suara lainnya.

Sumber gambar: earthsky.org
Sumber gambar: earthsky.org

Distribusi dan Habitat

Tidak semudah itu untuk bisa menemukan paus beluga di alam liar, khususnya di negara tropis karena distribusi paus beluga lebih banyak ditemukan di Samudera Arktik dan laut di sekitarnya, termasuk Skhotsk Sea, Bering Sea, the Gulf of Alaska, the Beaufort Sea, Baffin Bay, Hudson Bay, dan juga the Gulf of St. Lawrence. Namun, pada waktu tertentu, paus beluga dapat ditemukan juga di sungai Amur yang berlokasi di Rusia dan juga Sungai St. Lawrence di Kanada.  

Sumber gambar: insideclimatenews.org
Sumber gambar: insideclimatenews.org

Mayoritas populasi paus beluga melakukan migrasi sesuai dengan musim. Pada musim gugur, paus beluga akan berpindah ke arah Selatan karena pembentukan es di Samudera Arktik. 

Ketika musin berganti ke musim semi, paus beluga akan kembali ke area Utara. Pada musim berganti ke musim panas, paus beluga akan banyak ditemukan di dekat sungai dan terkadang juga paus beluga bisa ditemukan sedang menjelajahi sungai.

Walaupun banyak paus beluga yang akan bermigrasi ketika terjadi perubahan musim, namun tidak semua paus beluga akan bermigrasi. Faktor utama yang menyebabkan paus beluga melakukan migrasi dikarenakan kondisi lingkungan. 

Paus beluga hidup di antara icebergs dan es yang ada di perairan dingin, yang mana temperatur air dapat mencapai lebih rendah dari nol derajat celcius. Namun, karena pada musim panas air akan cenderung menjadi lebih hangat, paus beluga dapat beradaptasi dengan kondisi air yang hangat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN