Mohon tunggu...
Jessy Sesilia
Jessy Sesilia Mohon Tunggu...

Seorang gadis bertubuh langsing dengan sejuta mimpi di kepala nya yang akan diraih dengan tangan sendiri dan penikmat indahnya senyuman dunia.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mari Mengenal Lebih Dalam Security Cantik Atma Jogja

12 Februari 2019   00:00 Diperbarui: 12 Februari 2019   08:19 0 3 1 Mohon Tunggu...
Mari Mengenal Lebih Dalam Security Cantik Atma Jogja
Eeng Pratiwi dokpri

Siapa yang pernah menyangka kalau ternyata Atma Jogja punya Security yang cantik-cantik. Muda, berparas cantik, ramah, mudah senyum dan bertanggung jawab menjadikan mereka sorotan di lingkungan kampus. Kerap sekali profesi Security ini dipandang sebagai pekerjaan yang dikerjakan oleh seorang pria, padahal sebenarnya wanita pun mampu menjalani profesi ini dengan baik.

Di Kampus Atma Jogja, security cantik ini bertugas di Kantor Rektorat yang berada di Kampus 2 Gedung Thomas Aquinas Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Ada dua orang security wanita yang ditempatkan di Kantor Rektorat ini, masing-masing bertugas untuk melakukan pelayanan terhadap tamu-tamu yang berkepentingan kepada pihak rektorat.

Eeng Pratiwi   

Lahir di Gunung Kidul, 3 Juli 1999. Mulai bekerja menjadi security setelah lulus SMK lalu melanjutkan sekolah security selama satu bulan dan menerima penempatan di UAJY dan sudah bekerja selama tujuh bulan. Sebelumnya pernah bekerja di salah satu departement store di Yogyakarta. Security cantik yang satu ini sangat suka berolahraga dan bermain bulu tangkis. Saya tidak pernah terpikir untuk kuliah, saya hanya ingin bekerja.

Herlyna Nur Yulistia S.

Lahir di Sungai Guntung7 Juli 1996. Mulai bekerja menjadi security setelah lulus SMA lalu melanjutkan studi sekolah security selama satu bulan dan sebelumnya ditempatkan di salah satu departement store di Yogyakarta. Dengan hobi bela diri yang dimiliki Mbak Herlyna ia mampu menyesuaikan dirinya untuk profesi ini. Uniknya, Mbak Herlyna memiliki keluarga yang juga berprofesi sebagai security yaitu ayah dan kakak laki-lakinya. Terinspirasi dri orang tua dan kakaknya, akhirnya Mbak Herlyna memutuskan untuk mengikuti jejak ayah dan kakaknya. Punya keinginan untuk kuliah namun lebih tertarik mengikut jejak orang tua saya. 

Herlyna dokpri
Herlyna dokpri
Kedua security wanita ini dilihat sangat menarik perhatian, disamping memiliki paras yang cantik, mereka juga sangat ramah kepada mahasiswa dan tamu-tamu yang berkunjung ke rektorat sehingga banyak mahasiswa yang sering menyebut mereka 'Security cantik Atma Jogja'. "Kami sering digoda tapi kami tidak memusingkan hal itu karena menurut kami pelayanan dan penampilan merupakan satu-kesatuan yang sangat penting saat bekerja jadi kami harus totalitas", ungkap mereka.

atmajogja2
atmajogja2
Pendidikan security wanita (secwan) sendiri ditempuh selama satu bulan dengan seluruh ketentuan yang berlaku. Pendidikan biasa berlangsung selama satu bulan dan setiap harinya mulai dari pagi sampai siang diberikan materi dan pada saat sore harinya mereka akan melakukan praktik sampai malam hari. Pada saat pertama kali pendidikan di security itu adalah tahap awal perkenalan mengenai profesi ini, selanjutnya akan langsung bekerja. Pelatihan fisik juga diberikan setiap harinya dan disiplin menjadi kunci pendidikan ini.

Setiap harinya, jam kerja dimulai dari shift 1 yaitu pukul 07.00 -- 15.00 dan shift 2 dimulai pukul 10.00 -- 18.00. Jadi, kedua security wanita ini bergantian shift untuk bertugas sesuai jadwalnya. Ada 58 security yang bekerja di UAJY, terdiri dari 56 security pria dan 2 security wanita, dan disebarkan di empat kampus di UAJY.  Security ini nantinya akan di rolling di tiga kampus yaitu kampus 2, 3 dan 4. Kampus 1 sendiri memiliki outsourcing yang berbeda dengan tiga kampus lainnya. Seragam yang digunakan juga diberikan oleh outsourcing sendiri kepada masing-masing security.

atmajogja1 dokpri
atmajogja1 dokpri
 "Menjadi seorang security menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya, disamping saya adalah seorang wanita tapi saya sanggat bangga dengan profesi ini. Walaupun terkadang profesi ini dipandang sebelah mata oleh orang lain tapi itu tidak menjadi masalah bagi saya. Bekerja dari diri sendiri, motivasi diri sendiri dan serta disiplin diri adalah kuncinya", ungkap Mbak Eeng.

atmajogja2 dokpri
atmajogja2 dokpri
"Harapan kami, kami tetap diperpanjang bekerja disini karena kami sangat senang bekerja di UAJY. Rekan-rekan kerja lainnya sangat baik dan ramah dan tidak pandang sebelah mata kepada kami. Dan semoga komunikasi antar pihak juga dibangun dengan baik karena komunikasi dua arah tersebut sangat penting untuk kedepannya. Selain itu, kami merasa sangat nyaman bekerja disini, karena kami berdua sangat dispesialkan, dan kami benar-benar diletakkan ditempat yang memang sesuai dan kami sangat diistimewakan karena seorang wanita walaupun terkadang sering digoda hehe", ujar Mbak Herlyna.

atmajogja4 dokpri
atmajogja4 dokpri