Mohon tunggu...
Jesica Tatuarima
Jesica Tatuarima Mohon Tunggu... Hai jee!

Selamat Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN UM: Pengembangan Bumdes Kacang Seblang Olehsari

22 Juli 2021   23:03 Diperbarui: 22 Juli 2021   23:11 27 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UM: Pengembangan Bumdes Kacang Seblang Olehsari
Gambar 1. Produk Kacang Seblang Olehsari

Glagah- Ketika mendengar Desa Olehsari pasti akan teringat dengan upacara tarian adat Seblang yang menjadi ciri khas desa tersebut. Namun tak banyak orang tahu bahwa Desa Olehsari yang terletak di kecamatan Glagah ini menjadi penghasil kacang tanah terbaik di kabupaten Banyuwangi.

BUMDES kacang Seblang Olehsari merupakan badan usaha pengolahan kacang tanah yang telah berdiri sejak Januari 2021. Pengolahan kacang tanah menjadi kacang sangrai secara modern oleh BUMDES Olehsari ini diharapkan menjadi inspirasi bagi warga desa agar mampu mengembangkan olahan kacang tanah menjadi berbagai variasi baru. Kacang tanah yang diproduksi merupakan hasil dari petani kacang di desa Olehsari. Sehingga dapat dikatakan bahwa BUMDES kacang Seblang Olehsari merupakan pelopor pertama yang memberdayakan masyarakat desa.

Gambar 2. Keikutsertaan Mahasiswa KKN dalam Proses Produksi
Gambar 2. Keikutsertaan Mahasiswa KKN dalam Proses Produksi

"BUMDES kacang sangrai memperoleh 30 juta penyertaan modal dari desa". Tutur Oky Satrio selaku ketua BUMDES kacang sangrai Olehsari. Dana tersebut digunakan untuk pembelian mesin sangrai, perlengkapan dan peralatan produksi lainnya. Pengelolaan BUMDES tersebut dapat dikatakan sangat baik. Hal ini terlihat dari langkah-langkah produksi hingga pemasaran yang diambil, mulai dari pengolahan menggunakan alat modern hingga pendaftaran produk supaya bisa dijangkau di swalayan besar.

Sayangnya, saat ini jangkauan pasar dari kcang sangrai ini tidak terlalu luas. Sebab kacang sangrai masih dalam proses pendaftaran produk. Oleh karena itu mahasiswa KKN UM ikut berkontribusi dalam pemasaran dan . Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM berupa pemasangan MAPS sebagai penempatan titik lokasi BUMDES, pembuatan logo dan nama baru produk untuk di daftarkan secara resmi. Hasilnya masih menunggu persetujuan dari pendaftaran produk.

Gambar 3. Diskusi Desain Logo oleh Mahasiswa KKN dengan BUMDES Kacang Seblang 
Gambar 3. Diskusi Desain Logo oleh Mahasiswa KKN dengan BUMDES Kacang Seblang 

Mahasiswa KKN UM menerima banyak ilmu  dari BUMDES kacang Seblang Olehsari ini. Ilmu yang didapat dari segi pertanian hingga pemasaran. Maka tak heran jika BUMDES kacang Seblang Olehsari juga menjadi tujuan studi mahasiswa.

VIDEO PILIHAN