Mohon tunggu...
Jenny Suhana
Jenny Suhana Mohon Tunggu... Human Resources - Mahasiswa Universitas Tarumanagara

University student who is majoring in psychology and interested in human resources and time management tips for work and life. Let's work hard and play hard!

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Yuk, Cari Tau Tips Menghasilkan Double Performance dalam Sehari!

7 April 2022   13:42 Diperbarui: 7 April 2022   14:01 172 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : https://www.pinnacle-marketing.com/useful-tips-to-help-you-manage-your-time/

Oleh: Jenny Suhana, Dr. Ir. Rita Markus Idul Filastri, M.Psi.T., dan Dhindayanti Putri, M.Psi, Psikolog

Pandemik Corona Virus Disease -- 2019 (COVID-19) di Indonesia banyak berpengaruh pada pekerjaan masyarakat. Untuk mengatasi penyebaran COVID-19, kebanyakan perusahaan meminta karyawan untuk menerapkan Hybrid atau Work from Home (WFH) sebagai sistem kerja dalam masa pandemik ini. 

Dibandingkan dengan Work from Office (WFO) di mana adanya dorongan lingkungan kerja, WFH memerlukan kesadaran diri sendiri untuk merencanakan kegiatan atau waktu kerjanya. Dalam kondisi WFH, masih terdapat beberapa karyawan yang memiliki masalah di mana turunnya produktivitas kerja, tugasnya tetap banyak, suasana lingkungan yang berisik dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, time management berperan penting untuk meningkatkan produktivitas dan mengelola waktu diri sendiri (Mahmudah et al., 2022).

 

Apa Itu Time Management?

Time management merupakan teknik yang membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan dan mencapai tujuan (Mahmudah et al., 2022). Time management yang buruk akan menyebabkan stress kerja dan menganggu kesehatan mental diri sendiri. Dan stress akan secara langsung mempengaruhi performa kerja dalam perusahaan (Holman et al., 2018). Tujuan time management adalah untuk memutuskan tugas apa yang perlu dikerjakan dan tugas apa yang tidak perlu dikerjakan di mana untuk membantu kita lebih efektif dalam menggunakan waktu. Kemampuan time management sangat dibutuhkan dalam kondisi WFH, agar kita dapat fokus kerja, mempertahankan produktivitas, dan menyelesaikan tugas tugas kerja.

Tips Time management Ketika WFH

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja:

  • Eat That Frog

Tracy (2017) menuliskan buku dengan judul "Eat That Frog" dengan edisi tiga. Yang dimaksud dari Eat That Frog disini berarti menetapkan tujuan dari setahun ataupun sebulan. Tujuan yang paling penting adalah Frog yang paling mendesak untuk dimakan. Setelah menetapkan tujuan, diperlukan untuk membuat rencana sesuai dengan tujuan tersebut. Rencana tersebut diperlukan adanya aksi untuk menjalankan atau implementasi. Disarankan dalam sehari hanya memiliki 3 rencana agar lebih mudah fokus pada hal yang ingin dicapai.

  • Focus Matrix

fokus-matrix-624e8441c66826438d60b522.jpeg
fokus-matrix-624e8441c66826438d60b522.jpeg
Sumber : http://yao51.com/jiankangtuku/efobepiz.html

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan