Mohon tunggu...
Jennifer
Jennifer Mohon Tunggu... Jurnalis - FISIP 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Writing. Reading. Detective Conan addict.

Selanjutnya

Tutup

Film

1448 Love Among Us: Ketika Isu Tabu Diperjuangkan

20 September 2021   17:52 Diperbarui: 20 September 2021   18:01 3568
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
poster 1448 love among us, sumber: avepress.com

Penonton pada umumnya mungkin tidak terbiasa dengan genre film kali ini. Dengan membawa isu sensitif seputar pasangan sesama jenis, Thailand memproduksi film berjudul "1448 Love Among Us (2014)".

Film ini dibuat sebagai bentuk protes terhadap pasal 1448 hukum perdata Thailand yang melarang pernikahan sesama jenis. Film 1448 Love Among Us mencoba untuk menunjukkan mengapa hukum ini salah dengan menggambarkan hubungan sesama jenis yang manis serta cara-cara di mana mereka ditindas oleh persatuan mereka yang tidak dianggap sah.

Dalam film ini diceritakan mengenai seorang wanita bernama Pim yang tidak puas dengan pacarnya. Ketika sang lelaki memilih untuk meninggalkannya untuk belajar di luar negeri, dia memastikan semua hubungan dengannya terputus. 

Setelah itu, muncullah peran wanita lain bernama Pat. Gadis tersebut memiliki kegemaran dalam dunia fotografi. Mereka kemudian berteman dan saling mengisi kekosongan untuk sekedar berjalan-jalan dan menghabiskan waktu. 

Namun setelahnya, perasaan Pat pada Pim semakin bertumbuh. Pim yang saat itu sedang hamil anaknya Nam, mengalami keguguran dan menyebabkannya depresi. Akan tetapi, Pat selalu ada di sampingnya dan mendukungnya. 

Kedua wanita itu pun memulai hubungan hampir terlalu cepat. Mereka merencanakan pernikahan, di mana orang tua Pat memilih menolak untuk hadir. Namun mereka berdua berjuang sekuat tenaga untuk mempersatukan cinta terlarang tersebut. 

pernikahan Pim dan Pat, sumber: bangkokpost.com
pernikahan Pim dan Pat, sumber: bangkokpost.com

Keduanya melakukan berbagai usaha mulai dari meminta restu dari orang tua masing-masing hingga meminta perlindungan hukum kepada pemerintah. Semua hal tersebut dilakukan dengan melawan norma dan hukum demi mempersatukan cinta mereka.  

Kesimpulan

Secara keseluruhan, film ini mencoba untuk mengangkat isu sensitif yang mungkin masih agak sulit untuk disebarluaskan. Berawal dari keinginan untuk memprotes dan memperjuangkan hukum di sana, menjadikan film ini sempat viral. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun