Mohon tunggu...
Jeniffer Gracellia
Jeniffer Gracellia Mohon Tunggu... A lifelong learner

Kadang menulis mengenai politik luar negeri, kadang juga menulis mengenai budaya

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kue Lapis dalam Tradisi Imlek

19 November 2020   13:37 Diperbarui: 19 November 2020   13:39 99 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kue Lapis dalam Tradisi Imlek
Foto milik pribadi

Dalam perayaan imlek, banyak benda-benda yang sudah wajib hukumnya untuk dibeli atau dihidangkan. Barang-barang tersebut biasanya sudah menjadi tradisi turun menurun dari nenek moyang sebuah keluarga. Walaupun biasanya dalam sebuah keluarga atau antara suku Tionghoa terdapat perbedaan, tetapi ada beberapa tradisi yang sudah pasti hukumnya. Salah satu tradisi tersebut adalah dihidangkannya kue lapis legit.

Kue lapis legit sendiri bukanlah berasal dari China, melainkan berasal dari Belanda. Ini menunjukkan bahwa tradisi bukan turunan tradisi China, merupakan sebuah tradisi yang dihasilkan dari masyarakat suku Tionghoa di Indonesia yang sudah berbaur dengan tradisi setempat.

Kue lapis legit dulunya dikenal dengan nama spekkoek dan dikenal di Indonesia pada masa kolonial Belanda terinspirasi dari kue lapis Eropa. Spekkoek dulu dibuat dengan campuran berbagai macam rempah-rempah yang disukai oleh orang Eropa, seperti kayu manis, cengkeh, bunga pala dan rempah lainnya. Terdapat sedikit perbedaan tekstur dan bahan pembuatan, yang mungkin sudah disesuaikan dengan selera zaman sekarang.

Kue lapis legit dalam tradisi Imlek memiliki makna yang penting sehingga hingga sekarang tradisi ini masih terus bertahan. Bentuk kue lapis legit yang berlapis-lapis dianggap sebagai sebuah simbol kemakmuran dan keberuntungan yang diharapkan akan melimpah hingga berlapis-lapis.

Pembuatan kue lapis legit ini juga sulit dan membutuhkan langkah repetitif sehingga dapat membuat lapisan tersebut. Pembuatan yang sulit ini menjadi simbol sebagai langkah demi langkah perjalanan hidup. Meskipun membutuhkan kerja keras, kesulitan dan waktu yang lama, kue yang dihasilkan rasanya enak.

Pembuatan kuat lapis legit juga biasanya dibuat bersama-sama dengan semua anggota perempuan dari sebuah keluarga. Kebersamaan ini juga tentu menjadi sebuah tradisi yang penting dalam peran kue lapis legit ini. Walaupun sekarang cukup sulit menemukan keluarga yang membuat kue lapisnya sendiri, karena membutuhkan kerja keras dan bahan yang mahal juga. Untuk mendapatkan kue lapis legit yang enak, diperlukan bahan-bahan berkualitas seperti mentega mahal dan juga telur ayam kampung.

Kue lapis legit sekarang sudah memiliki berbagai macam modifikasi rasa. Anda dapat dengan mudah menemukan kue lapis legit rasa mocca, dengan isian keju, prune, coklat, atau kacang almond dengan berbagai jenis bentuk seperti lapis tikar, lapis bintik dan berbagai macam lainnya. Selain kue lapis legit, juga terdapat berbagai tradisi yang masih saya dan keluarga jalankan hingga sekarang seperti kue keranjang, makan bersama pada malam sebelum imlek, dihidangkannya jeruk, hingga tradisi wajib makan ikan yang akan saya tulis selanjutnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x