Mohon tunggu...
Jelita Intana Salsabila
Jelita Intana Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswa

Saya hanya manusia yang ingin menuangkan kegemaran saya menulis dan berkata-kata dan hobi saya membaca novel, menulis puisi, dan traveling. Saya ingin berbagi cerita yang saya tuangkan lewat sebuah kata-kata semoga kalian suka:)

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Tujuan Manfaat Mempelajari Filsafat dalam Kehidupan Sehari-hari

1 Oktober 2022   14:03 Diperbarui: 1 Oktober 2022   17:36 619 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Apa Itu Filsafat? --Sebuah Perkenalan Singkat Istilah Filsafat berasal dari bahasa Yunani Kuno yakni Philosophia dan Philosophos yang berarti " orang yang cinta pada kebijakan (kebijaksanaan) " atau " cinta pada pengetahuan", Pythagoras menggunakan istilah Filsafat pertama kali pada abad ke-6 SM. Filsafat dipahami sebagai upaya terus menerus mencari pengetahuan dan kebenaran.

Aliran Filsafat timbul dari Akal Budi Buah Pikiran secara khusus dilahirkan oleh seorang Filsafat yang disebut juga dengan Filsuf. Banyak Para Ahli yang mendefinisikan Filsafat salah satunya yaitu Poedjawijatna berpendapat bahwa filsafat adalah sebuah pengetahuan yang berusaha mencari sebab secara sedalam-dalamnya untuk segala sesuatu yang berdasarkan pikiran belaka. 

Lalu menurut Hasbullah Bakry, filsafat memiliki definisi berupa sejenis pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu secara mendalam, mulai dari ketuhanan, alam semesta, hingga manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai oleh akal manusia. Kemudian ada juga tokoh filsafat terkenal seperti Plato, yang mendefinisikan filsafat adalah pengetahuan yang berminat untuk mencapai pada kebenaran sebenarnya(asli).

Berdasarkan beberapa pendapat dari para ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa filsafat adalah sebuah ilmu yang berusaha mencari sebab secara mendalam berdasarkan pemikiran dan akal manusia. Filsafat ini juga dapat menjadi pandangan hidup seseorang sekelompok orang mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Namun, filsafat ini dapat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa ketika memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan melihat secara menyeluruh dengan segala hubungan. 

Adapun Aliran-aliran filsafat itu sendiri ada dikarenakan pemikiran atau pemahaman filsuf yang berbeda-beda dalam mengartikan semua hal yang ada di dunia ini berikut aliran aliran dalam filsafat seperti Idealisme, Rasionalisme, Empirisme, Dualisme, Positivisme, Strukturalisme dll.

Setelah kita sudah membahas tentang apa itu filsafat kita akan lanjut membahas tentang tujuan filsafat apa aja sih kira kira Keberadaan ilmu filsafat dapat membantu manusia menyelesaikan segala persoalan dalam kehidupan kita sehari-hari seperti:

1. Filsafat berguna untuk membuat manusia memiliki sifat yang bijaksana dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Filsafat juga bertujuan untuk membuat manusia memiliki perspektif yang luas dalam melihat sesuatu. Dengan hal ini maka manusia dapat memiliki pandangan yang luas dan dapat terhindar dari egosentrisme.

3. Dengan menilai berbagai macam hal di sekitarnya secara objektif, maka melalui filsafat diharapkan manusia akan lebih terdidik dan mampu memiliki pengetahuan yang luas.

4. Filsafat dapat mendorong para ilmuwan untuk mengembangkan dan lebih mendalami ilmu pengetahuan.

5. Dengan mempelajari filsafat maka manusia juga dapat memahami perkembangan, kemajuan pengetahuan, serta sejarah pertumbuhan dari pengetahuan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan