Mohon tunggu...
jeki purwanto
jeki purwanto Mohon Tunggu... Jurnalis - PENDIDIK | PENULIS

Menuliskan hikmah di setiap peristiwa dan mengajarkan ilmu di sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Gagasan Ki Hajar Dewantara dan Kurikulum Merdeka Belajar

14 Agustus 2022   20:11 Diperbarui: 14 Agustus 2022   20:19 6257 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: gtk.kemdikbud.go.id

Pendidikan adalah ruang untuk mengolah manusia menjadi insan yang lebih baik. Tokoh pendidikan negara kita adalah Ki Hajar Dewantara, Sehingga kurikulum yang menjadi fondasi sistem pendidikan adalah pemikiran dari Ki Hajar Dewantara.

Kurikulum terbaru kita adalah bernama Merdeka Belajar. Merdeka belajar adalah sebuah kurikulum yang berisi pemahaman dari gagasan dan prinsip pendidikan berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Pembelajaran yang ideal menurut Ki Hajar Dewantara adalah sebuah proses belajar mengajar yang memfasilitasi murid agar tumbuh sesuai dengan kodratnya.

Selain memperhatikan kodrat murid dalam proses belajar mengajar, guru harus mampu menerapkan suasana belajar yang memerdekakan murid.

Guru sebagai juru lapangan yang menentukan kualitas dari pendidikan sebuah bangsa. Makanya guru harus mampu mengenali dan memahami diri sebagai pendidik.

Mendidik dan mengajar bukan sesuatu yang sederhana tetapi memiliki peran sangat besar dalam mengolah dan membentuk kualitas dari anak bangsa.

Dalam proses belajar mengajar guru bukan sekedar menyampaikan ilmu dari buku kepada siswa tetapi lebih dari itu yakni mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh.

Selain mengajarkan budi pekerti , guru juga punya tanggung jawab mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti muridnya.

Akhir dari aplikasi kurikulum merdeka belajar adalah mampu menjadikan pendidikan sebagai sarana yang mengantarkan keselamatan dan kebahagian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan