Mohon tunggu...
Jeany Arnanita W
Jeany Arnanita W Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa S1

Saya adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di salah satu Universitas Negeri di Malang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa: Uang Terbatas, Tapi Ingin Sedekah? Bisa!

25 September 2022   22:08 Diperbarui: 25 September 2022   22:27 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kita bisa bersedekah kepada siapa saja yang membutuhkan. Namun yang menjadi kendala utama adalah biaya atau yang lainnya. Dewasa ini, kita pasti sudah mengetahui segalanya bertambah mahal terutama dalam hal kebutuhan pokok. Tentunya saat bersedekah kita harus merasa cukup untuk bisa bersedekah kepada sekitar. Tidak banyak orang sadari bahwa mereka bisa bersedekah selain kepada manusia. Salah satunya kepada hewan yang sering berada di sekitar kita yaitu kucing. Jarang sekali hati manusia peka terhadap kucing. Kucing di luaran masih banyak sekali yang berjuang untuk bertahan hidup tapi tak banyak manusia yang menyadarinya.

Hanya sedikit hati empati manusia yang tersentuh untuk memberi sedikit sedekah kepada mereka. Padahal menurut saya pribadi, bersedekah dengan kucing justru jauh lebih murah dalam pengeluarannya. Kita bisa memberikan mereka makan dengan makanan kering. Makanan kering bisa dibeli di petshop sekitar 11.000. 1 bungkus makanan kering bisa bertahan hingga 1 bulan lebih. Jadi, bagi kalian terutama mahasiswa atau pelajar, bisa sedekah kepada kucing jalanan yang sedang bertahan hidup.

Hanya sedikit hati empati manusia yang tersentuh untuk memberi sedikit sedekah kepada mereka. Padahal menurut saya pribadi, bersedekah dengan kucing justru jauh lebih murah dalam pengeluarannya. Kita bisa memberikan mereka makan dengan makanan kering. Makanan kering bisa dibeli di petshop sekitar 11.000. 1 bungkus makanan kering bisa bertahan hingga 1 bulan lebih. Jadi, bagi kalian terutama mahasiswa atau pelajar, bisa sedekah kepada kucing jalanan yang sedang bertahan hidup.

Memberi makan kepada kucing jalanan menurut saya adalah sebuah kebaikan di dalam hidup saya. Sedekah dengan memberi makanan kepada kucing menjadi suatu hal kebiasaan bagi saya. Bukan saya pelit, tapi uang yang saya miliki cukup untuk memberikan makanan bagi kucing jalanan. Biasanya saya membawa makanan kucing dengan menggunakan botol kecil. Botol itu selalu saya bawa kemana-mana karena saya pasti menjumpai kucing jalanan secara tidak sengaja. Jadi tak ada ruginya bagi kita untuk saling sedekah kepada sesama mahluk hidup.

Saya berharap, cuplikan cerita tentang kebiasaan saya ini mampu membuat empati para pembaca tersentuh untuk berbagi sedikit rejeki kepada kucing jalanan. Namun jika dilihat, banyak sekali kucing jalanan yang memilikih untuk tidur bukan karena mereka mengantuk, tetapi mereka menahan rasa lapar dengan tidur. Sedekah itu tidak perlu mahal, asalkan berguna dan bermanfaat bagi penerimanya. Semoga kalian juga bisa melakukan hal sederhana seperti saya ini yaa. Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun