Mohon tunggu...
Jose Daniel Marthin
Jose Daniel Marthin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai saya adalah mahasiswa Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pandemi Masih Berlanjut, Mahasiswa Undip Edukasi UMKM Trik untuk Survive

2 Agustus 2021   16:38 Diperbarui: 2 Agustus 2021   17:05 30 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pandemi Masih Berlanjut, Mahasiswa Undip Edukasi UMKM Trik untuk Survive
Brosur Tips Survive dimasa Pandemi/Dokpri

Bekasi (28/07/2021) -- Pandemi Covid-19 yang makin hari semakin tidak menentu menyebabkan banyak UMKM yang harus gulung tikar. 

Kebanyakan UMKM terpaksa gulung tikar karena tidak ada pelanggan yang datang sementara pengeluaran harian untuk menjalankan usaha, lebih besar dibandingkan pemasukan harian. 

Kondisi ini memaksa UMKM untuk mencari cara bagaimana agar dapat tetap bertahan di masa Pandemi Covid-19 ini.

Berdasarkan fenomena tersebut, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro berinisiatif untuk membantu UMKM agar dapat terus bertahan di masa Pandemi Covid-19 ini. Program ini dilakukan dengan cara membagi-bagikan brosur kepada UMKM dan memberikan edukasi singkat mengenai tips dan trik agar Usahanya dapat terus bertahan di masa Pandemi Covid-19 ini.

Program ini merupakan salah satu program mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro yang mendukung tentang SDGs, atau yang kita kenal sebagai Sustainable Development Goals atau Pembangunan Berkelanjutan. Progam ini berkenaan dengan SDGs ke 1 yaitu No Poverty dan SDGs ke 8 yaitu Decent Work and Economic Growth. 

17 SDGs/Dokpri
17 SDGs/Dokpri

Dengan tetap bertahannya UMKM, maka pemilik UMKM dan pegawai yang dimiliki tidak akan kehilangan sumber penghasilan dan akan menumpaskan kemiskinan. Selain itu, dengan adanya UMKM yang tetap bertahan di masa pandemi ini, Kekuatan ekonomi masyarakat juga dapat terjaga sehingga pertumbuhan ekonomi dapat terjaga dengan baik.

Bentuk pelaksanaan yang dilakukan untuk menjalankan program ini adalah melalui edukasi kepada masyarakat yang dilakukan secara langsung menggunakan brosur. Kegiatan tersebut dilaksanakan di RW 13 Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur. Edukasi ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan edukasi ini dimulai dengan pengenalan mengenai program, dan dilanjutkan dengan diskusi singkat dengan pemilik UMKM dan diakhiri dengan pemberian brosur dan saran bagi pemilik UMKM agar dapat terus bertahan di masa Pandemi Covid-19 ini. 

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari para pemilik UMKM yang ada di RW 13 Kelurahan Duren Jaya ini. Diharapkan dengan adanya edukasi ini, semakin banyak UMKM yang bertahan di masa Pandemi Covid-19 ini dan berdampak pada keberlanjutan SDGs di Indonesia.

Penulis: Jose Daniel M S/Teknik Industri/Fakultas Teknik/KKN TIM II UNDIP 2020-2021
DPL: dr Siti Fatimah, M Kes

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x