Wanita

Perayaan Maulid Nabi Belum Usai

6 Desember 2017   07:54 Diperbarui: 6 Desember 2017   08:41 294 0 0
Perayaan Maulid Nabi Belum Usai
dokumentasi pribadi

Kalimat diataslah yang menggambarkan semangat Ibu-Ibu PKK RT 09 RW 04 Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. Minggu, 3 Desember 2017 pukul 19.00 WIB, Ibu-Ibu berkumpul dirumah salah satu warga untuk mengadakan tausiyah agama dan hadrah. Hadrahnya sendiri pun langsung dari Ibu-Ibu setempat. Nur Gunaya, begitulah tim hadrah tersebut diberi nama. Sebulan sekali berlatih hadrah bersama untuk menyiapkan hari special seperti Maulid Nabi kali ini. Salah satu tembang yang tidak pernah absen adalah Turi Putih milik Habib Syech.

Mengapa baru hari Minggu merayakan Maulid Nabi? Sedangkan Maulid Nabi sendiri jatuh pada hari Jumat. Begitu dikonfirmasikan kepada Ibu Ketua PKK sekaligus RT setempat, beliau mengatakan karena tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. "Tahun ini kita ingin bikin acara sendiri, kebetulan kalau hari Jumat dan Sabtu sudah ada undangan juga dari masjid dekat sini." Jawab beliau.

Dan yang special dari tahun ini adalah pengisi acara malam itu, yang hadir untuk memberikan tausiyah agama dan sepenggal cerita kecintaan Nabi Muhammad SAW kepada kita. Meski itu hari Minggu, beliau menyempatkan untuk hadir karena melihat antusias Ibu-Ibu setempat merayakan Maulid Nabi. Dan diakui H+2 Maulid Nabi masih banyak undangan yang terus datang.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Semoga apa yang dilakukan Ibu-Ibu PKK RT 09 RW 04 Kecamatan Gunung Anyar ini dapat menginspirasi Ibu-Ibu yang lain untuk antusias merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Acara berakhir pukul 22.00 ditutup oleh doa bersama, shalawatan, dan bertukar kado. Tahun ini semua mendapat  hadiah sama rata tidak berebut hadiah yang digantung, tidak sepeti tahun-tahun sebelumnya.