Mohon tunggu...
Jason Andrew
Jason Andrew Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Have a nice day!

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Saat Orang Kehilangan Motivasi, Adakah yang Bisa Seorang Pemimpin Lakukan?

30 Juli 2021   18:31 Diperbarui: 30 Juli 2021   23:24 58 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Saat Orang Kehilangan Motivasi, Adakah yang Bisa Seorang Pemimpin Lakukan?
Michelle Obama | headspacegroup.co.uk

Don't be afraid. Be focused. Be determined. Be hopeful. Be empowered. -Michelle Obama

Kutipan diatas hanyalah satu kutipan terkenal dari ratusan kutipan lainnya dari Michelle Obama, yang tak lain adalah wanita Afrika-Amerika pertama yang dijuluki "First Lady of the United States" dari 2009 hingga 2017. 

Istri dari mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama ini telah menjadi bagian dari budaya populer. Dimana pada Mei 2006, Majalah Essence mencatat nama Michelle Obama diantara "25 Perempuan yang paling menginspirasi dunia". Ia kerap kali mengunjungi tempat penampungan tunawisma dan dapur umum, mengirim perwakilan ke sekolah dan menganjurkan pelayanan publik.

Satu hal yang paling berkesan dari Michelle tak lain adalah MOTIVASI atau yang biasa dikenal juga dengan empowerment. Beliau dikenal selalu memotivasi wanita-wanita muda dan juga membagikan pengalamannya, sehingga menjadikannya seorang role-model bagi banyak orang.

Sikap Michelle, bisa dikaitkan dengan sifat seorang pemimpin sebagai "Relationship Builder". Seorang pemimpin yang ideal HARUS bisa memotivasi pengikutnya maupun sekelilingnya. Memotivasi bukan hanya bisa dilakukan melalui kata-kata saja! Namun, memotivasi bisa juga dilakukan dengan tindakan. Seperti saat di kantor contohnya, seorang bos yang memberikan bonus insentif ataupun hari cuti tambahan bagi karyawan dengan performa baik. 

Employee Motivation in the Workplace | thebalancecareers.com
Employee Motivation in the Workplace | thebalancecareers.com

A leader takes people where they want to go. A great leader takes people where they don't necessarily want to go, BUT ought to be. -Rosalynn Carter

Pada titik tertentu, setiap pemimpin pasti telah atau akan berurusan dengan orang  yang kehilangan motivasi. Biasanya, seseorang dapat kehilangan motivasi karena ia tidak mendapatkan penghargaan atau pengakuan apapun saat mereka melakukan sesuatu dengan usaha yang lebih dibandingkan yang lain. Atau juga mereka merasa mendapatkan hal yang sama, dengan orang lain yang melakukan hal lebih sedikit. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN